DSC_0017

UMI memperingati tahun baru Islam 1433 H dengan cara unik, yakni parede becak dari kampus 1 Jl. Kakatua Ke kampus 2 Jl.Urip Sumiharjo Makassar (27/11). Sedikitnya 500 becak ikut serta pada kegiatan tersebut. Hadir Ketua Pembina YW-UMI Prof.H.Mansyur Ramly sekaligus ikut menggayuh becak dari kampus 1 ke kampus 2. Sedangkan Ketua Pengurus YW UMI H.Muh.Mokhtar Noer Jaya dan Rektor UMI ikut sebagai penumpang becak. Hadir pula para Wakil Rektor UMI, sejumlah pimpinan fakultas, dosen dan karyawan UMI. Selain parade becak, sejumlah dosen juga memakai sepeda. Parade tersebut dilepas oleh Rektor UMI Prof.Hj.Masrurah Mokhtar,MS.

Dalam sambutannya Masrurah Mokhtar menyatakan kali ini peringatan tahun baru Islam dengan tema UMI Peduli terutama terhadap kaum marginal seperti Dg. Becak. Para Dg becak diberikan uang transfor 50 ribu dan sembako.

Setibanya di kampus 2 para Dg becak disamput lagu-lagu yang membuat mereka bergoyang bersama dengan karyawan UMI. H.Hasbi Ali,SH,MH yang membawakan hikmah hijratul rasul antara lain menyatakan “tidak ada perbedaan antara dg.becak dengan Rektor dihadapan Allah kecuali taqwanya.” Dikatakan pula kegiatan ini sebagai sarana mengeratkan silaturrahim antara pimpinan UMI dengan masyarakat, urainya.

Acara diakhiri dengan Kuiz yang dipandu Dr.M.Ishaq Shamad,MA. Para dg Becak menjawab sejumlah pertanyaan mendasar tentang Islam, kemudian mereka diberikan hadiah oleh pimpinan UMI, misalnya berapa rukun Islam, rukun iman,dsb. Tidak semua pertanyaan bisa dijawab dengan benar, seperti Dg. Asa menjawab shalat hanya 3 kali sehari semalam. Tentu mereka memerlukan bimbingan dakwah dari tokoh agama Islam.

(Humas UMI)