MAKASSAR – Universitas Muslim Indonesia (UMI) memperingati Milad ke-65 tahun, Minggu 23 Juni 2019. Peringatan Milad UMI berlangsung dengan khidmat dan penuh kesederhanaan di Auditorium Al Jibra Kampus II UMI Urip Sumoharjo Makassar.

Berbagai perubahan dan capaian pun mengiringi kampus hijau ini menuju world class university.

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. mengatakan, ada banyak capaian yang diraih UMI selama 65 tahun. Salah satunya, sudah membina 13 fakultas dan program pascasarjana dengan 56 program studi.

“Terdiri atas 34 program jenjang S-1, 2 program D-3, 6 program profesi, dan 11 program Magister atau S-2, serta 3 program Doktor,” jelasnya.

UMI juga telah meraih Akreditasi A pada Desember 2018 lalu. Capaian ini menjadikan UMI sebagai PTS pertama di luar pulau Jawa yang mampu meraih akreditasi unggul.

“Hal ini pula menyadarkan kepada kita semua civitas akademika UMI, menjadikan Milad sebagai momentum refleksi dan mengukur langkah ke depan,” ujar Prof. Basri Modding.

Selain itu, kata dia, salah satu ikhtiar yang juga telah dilakukan adalah akreditasi program studi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) terutama kepada 17 program studi yang telah Akreditasi A.

UMI juga mendapat kepercayaan dari kemenristekdikti sebagai Penerima Program Asuh PT Unggul 2019. “Kami patut berbangga karena UMI satu-satunya PT Indonesia Timur yang ditctapkan sebagai peneriman program tersebut Batch I,” tutur Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Dalam hibah ini, UMI akan mendampingi penyusunan SPMI, kepada 34 program studi dengan akreditasi C dari 45 perguruan tinggi yaitu 3 PT di Kabupatean Toli-Toli, Universitas Madako, STIP Mujahdidin dan STAI aL Munawarrah Toli-Toli dan Universitas lqra Buru, di Pulau Buru.

Sementara itu, Orasi Ilmiah Milad ke-65 UMI juga disampaikan oleh Anwar Sanusi, P.hD., selaku Sekjen Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dengan tema “Pembangunan Karakter Unggul Nasional Pada Masyarakat Pedesaan dan Daerah Tertinggal”.

Dalam kesempatan tersebut, UMI juga me-launching sebuah aplikasi yakni “UMI MEMO” pertama yang ada di perguruan tinggi seluruh lndoneisa yang berfungsi membantu mempermudah penyebaran informasi meeting dan event yang akan berlangsung.

Aplikasi tersebut dibuat oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer beserta tim, dan diharapkan dapat mendorong kinerja dan produktivitas kerja dalam lingkup UMI khususnya dalam menyampaikan informasi, berargumentasi ataupun dalam berinteraksi organisasi.

Pada peringatan milad ini, dirangkaikan pula dengan penandatangan MoU dengan 11 mitra. Beberepa di antaranya, Kementerian PKDT, Medcom.id, PT Media FAJAR Koran, Polda Sulbar, beberapa universitas, dan beberapa pemerintah kabupaten.

(HUMAS)