UMI Makassar – Keluarga besar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar gerak jalan hijratulrrasul dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1439 H dengan tema “UMI Peduli Kaum Dhuafa”, diikuti pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa utusan semua fakultas dalam lingkup UMI, serta pemulung dan tukang bentor yang bermukim di sekitar kampus II UMI. Gerak jalan tersebut dilepas Pelaksana Tugas Rektor UMI yang juga Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH, didampingi Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, dan para Wakil Rektor IV di pelataran masjid kampus II UMI, Kamis, 21 September 2017.

Wakil Rektor IV UMI Drs. K. H. Zein Irwanto, MA mengatakan, dalam memperingati tahun baru islam, ada 3 nilai utama yang dapat kita petik, yaitu (1) hijrah dalam arti meninggalkan segala prilaku yang bertentangan dengan agama, dan meingkatkan semangat ketaqwaan kepada Allah SWT, (2), hijrah juga dapat dilakukan secara individu maupun berjamaah, dengan meningkatkan ukhuwah islamiah, dengan cara saling menghormati, saling menghargai, saling mencintai dan saling membantu, (3) hijrah dapat juga dilakukan dengan meninggalkan mental individu ke mental sosial, dari mental ananiyah (aku/egoisme) ke mental nahnaniyah (kami/kebersamaan), seperti peduli dengan kaum dhuafa dan peduli dengan Rohingya. Khusus penggalangan dana dan peduli Rohingya, lanjur Zein Irwanto, untuk perguruan tinggi di Makassar baru UMI yang laksanakan, dan inilah salah satu bentuk kepedulian sivitas akademika UMI.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI Prof. Dr. H. Mansyur Ramly mengatakan mari kita ambil hikmah dari kegiatan hijratulrrasul ini yaitu rasa kebersamaan antar sivitas akademika UMI dan warga disekitar kampus karena kebersamaan ini dapat menjadi kekuatan besar untuk berhijrah atau beralih dari ketertinggalan menuju kemajuan, dari keburukan menuju kebaikan, dari yang lemah menjadi lebih kuat, sehingga ke depan UMI diharapkan semakin maju dan dapat menjadi World Class University, universitas berkelas dunia. Dari kebersamaan atau jamaah ini dapat menjadi kekuatan untuk memperbaiki diri, dengan meningkat mutu, bukan hanya sarana dan prasarana tetapi juga mutu sumber daya manusianya, baik dosen, karyawan dan mahasiswa. UMI saat ini makin membanggakan dari keberhasilan mutu, seperti kepercayaan pemerintah sebagai pelaksana Pimnas baru-baru ini, dan tidak semua perguruan tinggi dapat melaksanakan, dan ini merupakan peristiwa yang langka, dan UMI sukses sebagai penyelenggara.

Gerak jalan hijrarurrasul ini diikuti kurang lebih 1500 orang, star dari kampus II UMI menuju Taman Makam Pahlawan, dilanjutkan doa bersama bagi arwah para syuhada, kemudian kembali ke kampus II UMI. Di kampus II UMI diserahkan bingkisan bagi kaum dhuafa, pemulung dan tukang mentor yang bermukim disekitar kampus II UMI, dan dilanjutkan dengan penggalangan dana peduli Rohingya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!