sem-sastra2

Persiapan Seminar Internasional World Class University in Critical Thinking and Globalization Era sudah rampung 90%. Demikian Ketua Panitia pelaksana Drs.Muliadi, M.Hum di Auditorium Al-Jibra Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (3/1).

Wakil Rektor IV UMI Prof.Dr.H.Abdul Makhsud, DEA di tempat yang sama mengatakan,”diharapkan seminar internasional ini dapat melahirkan pemikiran yang baik dalam mewujudkan UMI menuju world class university(WCU). Selain itu, pengalaman pembicara dari Amerika tentang pengembangan perguruan tinggi menuju WCU bisa diadopsi dan diadaptasi di UMI. Bahkan peran UMI sebagai perguruan tinggi dituntut menginformasikan kepada masyarakat tentang temuan atau informasi yang berguna, sehingga seminar ini sebagai salah satu wadah menyebarkan informasi dan membicarakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya terkait berfikir kritis di era keterbukaan”, urainya.

Adapun profil pembicara antara lain David Pickus sebagai Principal Lecturer and Honors Faculty Fellow Arizona State University Amerika Serikat dengan latar belakang pendidikan Post Doktor di Universitas Leipzig tahun 1996, Program Doktor di bidang Sejarah di Universitas Chicago tahun 1995. Demikian pula kunjungannya ke beberapa negara yang dikunjungi dalam kegiatan ilmiah antara lain; Understanding Jewish Civilization di Shandong University, China tahun 2011, Globalization and Critical Thinking di Universitas Negeri Malang, 2011, Goethe, Marx and the Asian Economic Miracle di Hanoi-Vietnam tahu 2010, Obama’s Dillema in Afghanistan and Optimism in American Life di Serbia, dan di beberapa kali presentasi di beberapa negara Amerika dan Asia.

Selanjutnya Dr.Gatut Sutanto,MBA Direktur Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Doktor Jurusan Bahasa Indonesia yang melaksanakan Program pertukaran mahasiswa asing yang mau belajar di UM Malang untuk belajar Bahasa Indonesia dan budaya.
Prof.Dr.Muh.Basri Dalle, MS pakar linguistik dan penelitian bahasa. Ia adalah dosen Kopertis yang dipekerjakan di Fak.Sastra UMI ini sering memberi makalah di Mancanegara, antara lain, di Malaysia, Jepang dan Singapura.

Adapun Moderator DR.H.M.Ishaq Samad,MA dosen tetap Yayasan Wakaf UMI, Program Doktor UIN Alauddin, alumni program Leadership and Management University of the Sunshine Coast, Brisbane Australia tahun 2011 dan program Information Education and Communication di University of New South Wales-Sydney Australia, tahun 2001.

(Humas UMI)