Makassar, umi.ac.id – Dosen Tetap Institut Bisnis & Keuangan (IBK) Nitro, Verawati yang juga Ketua Program Studi Kewirausahaan IBK Nitro, sukses mempertahankan disertasi dalam promosi doktornya di Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dengan demikian Verawati resmi menyandang nama dan gelar menjadi Dr. Verawati, S.E, M.M.

Kegiatan yang merupakan tahapan akhir untuk meraih gelar Doktor ini berlangsung secara virtual lewat video teleconference Zoom, Senin (24/8/2020).

Dalam sidang promosi Verawati tampil sebagai Ketua Sidang yakni Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si dan Tim Promotor Prof Dr. Hj. Jeni Kamase, S.E, M.Si dan Prof. Dr. H Syamsu Nujum, S.E, M.Si, Tim Penguji (Ekternal) Prof. Dr. H Veithzal Rival, S.E, M.M, M.B.A, Prof. Dr. Said Sampara, S.H, M.H (lintas disiplin Ilmu).

Lalu, ada Prof. Dr. Salim Basalamah, S.E, M.Si, Dr. Sabri Hasan, S.E, M.M, Dr. Mukhlis Sufri, S.E, M.Si, dan Dr. Asdar Djamerang, S.E, M.Si yang juga sebagai penguji internal.

Dalam disertasinya, Verawati mengambil judul penelitian ‘Pengaruh Citra Merek, Customer Relationship Management (CRM) terhadap Nilai Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Bank Umum Syariah di Kota Makassar’.

“Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk (1) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap nilai pelanggan, (2) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan, (3) menguji dan menganalisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui nilai pelanggan, (4) menguji dan menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap nilai pelanggan, (5) menguji dan menganalisisi pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan,” tutur Verawati.

“Keenam Menguji dan menganalisis pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan melalui nilai pelanggan, (7) menguji dan menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan,” sambung Verawati.

Desain penelitian ini, katanya, menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara cross-section melalui kuesioner. Pengumpulan sampel menggunakan teknik pengambilan sample secara acak dan proporsional dengan jumlah responden sebanyak 278 orang pada Bank Umum Syariah di Kota Makassar.

“Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 7 poin seperti dalam tujuan penelitian tersebut,” bebernya.

(HUMAS)