Pertemuan panitia pusat dan lokal Forum Riset Perbankan Syariah, di Aula Senat Kampus II UMI, Kamis 29/3/2012.

Pelaksanaan kegiatan  yakni pada tanggal 26 – 27 Juni 2012 di Kampus II UMI Makassar. Ketua Panitia Lokal Prof. Dr. H. Syahnur Said, M.Si  mengatakan, “Kehadiran Panitia pusat ke UMI untuk melihat sejauh  mana persiapan panitia lokal, sekaligus peninjauan beberapa tempat yang disiapkan untuk kegiatan Forum Riset Perbankan Syariah di Kampus UMI,” ungkap Wakil Rektor I UMI ini.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA. “Ditunjuknya UMI sebagai panitia lokal Forum Riset Perbankan Syariah patut disyukuri, karena kami yakin banyak universitas yang berminat, menjadi pelaksana. Untuk itu kami akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Panitia diharapkan dapat mempersiapkan bekerja dengan baik, dan dapat mempersiapkan untuk melaksanakan amanah ini dengan baik. Kedepan, akan terus menjalin informasi yang intens antara panitia lokal dengan panitia pusat,” harap mantan Dekan Fakultas Sastra UMI dua periode ini.

Dr. Rifki Ismail  salah seorang Steering Committe mengatakan bahwa kunjungan ini untuk melihat secara langsung bagaimana persiapan panitia lokal, sekaligus melihat lokasi tempat kegiatan, yaitu di kampus II UMI. Tujuan penyelenggaraan  ini adalah untuk mengembangkan ekonomi syariah, untuk mempersiapkan banker-banker perbankan syariah, khususnya bagi akademisi, untuk mempersiapkan diri sebelum terjun di perbankan. Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia tumbuh 40 % pertahun, dan ini yang tetinggi di dunia.

Sementara itu,ketua panitia lokal yang juga Wakil Rektor I UMI, Prof. Dr. H. Syahnur Said, MS., mengatakan bahwa forum ini dimaksudkan untuk mendapatkan  ide atau gagasan terkait pengembangan keuangan dan perbankan syariah  nasional dari kalangan akademisi dan peneliti untuk mengeksplorasi gagasan dalam bentuk kajian ilmiah, mendorong minat akademisi dan peneliti serta masyarakat secara umum untuk melakukan  riset perbankan dan keuangan syariah. Selain itu mendorong pembangunan budaya penelitian dan pengkajian perbankan/keuangan di lingkungan akademisi serta menjadi media konsepsi pemikiran untuk diterapkan di industri perbankan syariah.

Forum riset tingkat internasional ini diawali dengan penilaian paper yang bertema “Meningkatkan Daya Saing Perbankan Syariah Guna Mendukung Stabilitas Sistem Keuangan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia” dengan batas akhir pengiriman softcopy full paper tanggal 6 Mei 2012, ke alamat e-mail panitia FRPS V yaitu forumriset@ymail.com dan forumriset@iaei-pusat.org dan untuk batas akhir pengiriman hardcopy full paper 10 Mei 2012 dapat dikirim melalui pos ;UP. Rono Nahruddin,  Jl. Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Gedung RM Notohamiprodjo Lantai 1 Jl. Dr. Wahidin No.1 Senen Raya, Jakarta Pusat, 10710 dan untuk  pengumuman paper terpilih 29 Mei 2012 (CP. Sdr. Riris,085/693874286, 29868) registrasi sdr. Amalia 081298686607).

Untuk kategori, peneliti, ketentuannya, peneliti pemula (background pendidikan S1,S2 atau setingkat dengan latar belakang profesi apapun), peneliti  madya (magister S2, background pendidikan S3,doktor, professor atau setingkat dengan latar belakang profesi apapun, panitia akan memilih 12 paper terbaik (6 paper terbaik peneliti madya dan 6 paper terbaik peneliti pemula) yang akan diundang untuk mempresentasikan paper tersebut di FRPS V.

Presentasi paper wajib berbahasa Inggris untuk kategori madya dan bahasa Inggris Indonesia untuk kategori pemula.
Penilain paper ;
1. Berisi solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah Perbankan Syariah  Indonesia terkini
2. Menggunakan bahasa akademik atau paper ilmiah, bukan gaya bahasa populer seperti buku populer atau artikel koran
3.  Pada bab analisis dan implikasi  kebijakan sepatutnya  lebih banyak pembahasannya dibandingkan bab pendukung
4. Gaya penulisan menunjukkan bahwa paper menawarkan solusi dan bukan hanya berupa penerapan dari suatu  teori
5. Indikator dan komponen penilaian paper dan hal lain terkait dengan kriteria penulisan paper dapat diakses melalui http://forumriset.iaei-pusat.org atau http://forumrisets.wordpress.com
6. Panitia hanya menerima paper yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan  panitia
7. Penjurian dilakukan dengan  menggunakan sistem blind referee yang terdiri dari regulator praktisi dan akademisi.

 

Kompensasi untuk penulis paper terbaik akan mendapatkan:

a. 8.000.000 (termasuk pajak) setiap orang untuk 3 peneliti pemula dan

b. 12.000.000 (termasuk pajak) untuk masing masing 3 peneliti madya/utama.

Selain itu panitia akan menanggung biaya akomodasi dan transportasi 12 paper terbaik. Selain itu, paper terbaik dan sejumlah paper terpilih lainnya berkesempatan dimuat dalam ‘jourmal of islamic finanace‘  yang diterbitkan IAEI dan menjadi hak milik Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) untuk keperluan apapun dan dalam bentuk  apapun.

Paper yang dikirim adalah  karya orsinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Dibuktikan dalam bentuk surat pernyataan yang ditanda tangani diatas materi Rp.6000 mendorong minat akademisi peneliti dan masyarakat secara umum untuk melakukan  riset perbankan dan keuangan syariah selain itu mendorong pembangunan budaya penelitian dan pengkajian perbankan/keuangan di lingkungan akademisi serta menjadi media konsepsi pemikiran untuk diterapkan di industri perbankan syariah.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!