UMI MAKASSAR – Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe (PDMP), laksanakan rapat kerja dan lokakarya kurikulum program pencerahan qalbu sebagai program unggulan UMI (25/5) di ruang senat kampus 2 UMI dan diikuti pimpinan dosen, karyawan dalam lingkup PDMP.
umi
Hadir dalam acara pembukaan Ketua pengurus Yayasan Wakaf UMI, H. Muh. Mokhtar Noer Jaya, Rektor UMI Prof.Dr. Hj. Masrurah Mokhtar,MA, Wakil Rektor IV Bidang Dakwah dan Kampus Islami (Drs. KH.Zain IRwanto,MA).
Rektor UMI Prof.Dr. Hj.Masrurah Mokhtar,MA dalam sambutannya mengatakan, fungsi utama pendidikan adalah membentuk intelektualitas dan karakter bangsa.
546366_518410504857929_824241682_n
“Strategi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah dalam menyiapkan SDM yang berkarakter dengan menekankan pendidikan karakter tergambar dalam visi, misi yang disosialisasikan dalam tataran kerja lembaga dan stakeholders serta diintegrasikan dalam disiplin ilmu,” jelasnya.
Dikatakan pula, program pendidikan karakter (pencerahan qalbu), merupakan program yang menjadi output program unggulan UMI sebagai kampus Islami.
“Program pencerahan qalbu  bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa secara maksimal, meliputi potensi akal, hawa nafsu, hati dan panca indera, fokus beribadah kepada Allah SWT dan mahasiswa dipondokkan selama 30 hari,” ujarnya.
Ketua pengurus YW UMI H.Muh.Mokhtar Noer Jaya, sebelum membuka acara mengatakan, pola pembinaan PQ bersifat holistik, tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif akan tetapi aspek afektif dan psikomotorik, konsep pencerdasan yang dikembangkan adalah intelektual, moral dan emosional dan spiritual (qalbu).
“Kegiatan pokok di pesantren selama mengikuti PQ adalah kegiatan ibadah secara intensif, shalat berjamaah di masjid, zikir, diskusi kajian keislaman dan pembentukan sikap dan prilaku yang mulia melalui interaksi sosial antara dosen/ pembimbing dengan mahasiswa, sehingga rasa ukhuwah yang telah dibangun di pesantren dapat terbawa ketika masuk di kampus diharapkan dari raker ini, diidentifikasi dari permasalahan yang ditemukan yang dapat menghambat tujuan dari PQ dan menemukn solusi,” ungkapnya.
Ketua panitia Dr.H.Ahmad Hakim,MA tujuan Raker untuk memberikan arahan dan panduan kepada seluruh pembina PQ PDMP dalam rangka  lebih mengoptimalkan pencerahan qalbu sebagai program unggulan UMI dan mencari langkah strategis dari berbagai permasalahan yang ditemukan dalam pelaksanaan PQ.
Materi/narasumber, kebijakan yayasan terhadap pengembangan PDMP (H.Muh.Mokhtar Noer Jaya) Model pengembangan PQ sebagai program unggulan UMI menuju WCU (Prof.Dr. Hj. Masrurah Mohtar,MA), pentingnya manajemen PQ pada PDMP memasuki era revolusi mental (Prof.Dr. H.Mansyur Ramly), peranan kurikulum dan pembelajaran dalam menunjang PQ sebagai program unggulan UMI (Prof,Dr, H,Sytahnur Said, MS), pengelolaan administrasi keuangan, SDM PDMP (Dr.Ir.H.Iskandar BP, MSc), pola pembinaan mahasiswa UMI berwawasan karakter (Prof.Dr.H.Ahmad Gani,SE.,MSi), membangun kemitraan dalam rangka pengembangan PDMP (Prof.Dr. H.Ma’ruf Hafidz,SH.,MH), sinergitas PQ pasca PQ (Drs.KH.Zein Irwanto,MA), Kontroversi zikir, do’a, tawassuf dan strategis pembinaan PQ pada PDMP ( Dr.H.Ahmad,Hakim,MA).
(HUMAS UMI)
error: Content is protected !!