Pesantren Ramadhan Virtual UMI membahas Kiat-Kiat Beribadah di Bulan Ramadhan, menghadirkan Narasumber Ketua Pengurus YW UMI H. M. Mokhtar Noerjaya, Rektor UMI Periode 2010-2018 Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar,MA, Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis UMI Prof. Dr.Mahfudnurnajamuddin, SE,MM. dan Dekan Fak. Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Ir. H. Asbar, M.Si. Acara dipandu host Nurjannah Abna dan M. Ishaq Shamad. Peserta dari siswa-siswi SLTA dan sejumlah mahasiswa, bahkan dari Kalimantan join acara yang menarik ini.

H. M. Mokhtar Noerjaya dalam taushiyahnya menjelaskan sejumlah keutamaan puasa Ramadhan, diantaranya disediakan banyak pahala terhadap ibadah yang dilakukan, diampuni dosa, banyak berkah dan rahmat, termasuk ada 1 malam yang lebih baik dari seribu bulan, jelasnya.

Sementara itu Prof. Masrurah Mokhtar menjelaskan salah satu kiat beribadah di bulan Ramadhan tahun ini dengan menggelar shalat tarawih berjamaah bersama keluarga. Bahkan cucu-cucunya diberi peluang dan bergiliran menjadi imam shalat tarawih, tentu saja setelah mengerjakan tugasnya sebagai imam, cucunya diberi amplop oleh kakek dan neneknya.

Ini memberi motivasi yang kuat untuk bisa berlomba-lomba berbuat kebaikan. Ditambahkan perlunya banyak bersedekah kepada sesama, jelasnya.

Salah seorang peserta Nurhikma, menanyakan bagaimana tips menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini? Prof. Mahfudnurnajamuddin, menjelaskan sejumlah tips beribadah di bulan Ramadhan, diantaranya mencintai Allah dengan rajin beribadah, tidak berkata dan berbuat sesuatu yang sia-sia, dan jangan lupa banyak bersedekah, urainya. Selain itu, ia juga menjelaskan keunggulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, dimana sejumlah prodinya terakreditasi A dari BAN PT.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Ir. Asbar, M.Si memperkuat pentingnya sedekah dengan menceritakan bahwa seorang PSK yang tadinya sudah divonis berdosa dan masuk neraka, kemudian berubah nasibnya hanya karena ia bersedekah sebiji kurma kepada seorang anak yang kelaparan dan lewat di depan wanita tersebut, maka nasibnya berubah di akhirat menjadi orang yang baik. Ini menunjukkan betapa pentingnya sedekah, jelasnya.

Host Nurjannah Abna mengemukakan, inilah keunggulan dosen dan pimpinan UMI, selain menguasai disiplin ilmu dan ahli di bidangnya, beliau juga semuanya bisa berbagi dan menjelaskan ajaran agama Islam.

Host M.Ishaq Shamad, mengemukakan refleksi dari tema kiat beribadah di bulan Ramadhan dengan berusaha beribadah dengan khusyu’ di rumah saja, tetap bisa bersedekah kepada keluarga dan tetangga yang membutuhkan, tetap berinovasi dan berkreasi serta produktif bekerja dari rumah. Bahkan dengan tetap di rumah, dapat menolong diri sendiri dan orang lain untuk terhindar dari Covid 19.

(HUMAS)