Pesantren UMI Jadi Pusat Pelaksanaan IASC II 2016

UMI Makassar – Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. Achmad Gani, SE, MSi membuka Ikhwan Akhwat Scout Competition (IASC) II Tahun 2016 berbetuk Kemah Lomba Penegak antar SMA se Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Racana Kampus Islami Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, di Perkemahan Pesantren Mahasiswa UMI Darul Mukhlisin Padanglampe Kab. Pangkep, Jumat 12 Februari 2016.

Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. Achmad Gani, SE, MSi mengatakan, kegiatan ini dikemas dalam bentuk kompetisi atau perlombaan, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahim sesama anggota pramuka, membangun solidaritas dan mengasah kreatifitas, guna membangun generasi muda yang tangguh mengisi pembangunan dan calon pemimpin di masa datang.

pramuka

Pimpinan UMI dan Gerakan Pramuka Racana Kampus Islami UMI sementara mempersiapkan untuk menggelar kegiatan akbar pramuka berupa Perkemahan Nasional antar PTN dan PTS se Indonesia dan antar SMA se Sulawesi Selatan, diwacanakan akan dilaksanakan di perkemahan Pesantren Mahasiswa UMI Darul Mukhlisin Padanglampe Kab. Pangkep, waktunya masih sementara digodok.

“Perlu kami informasikan, khususnya para peserta IASC, yang merupakan siswa SMA bahwa saat ini UMI telah mendapat penghargaan dari Kemenristekdikti, yang menempatkan UMI Makassar sebagai peringkat/rangking 34 antar PTN dan PTS se Indonesia, dan peringkat 9 PTS se Indonesia, serta urutan pertama PTS di luar Pulau Jawa. Informasi ini sangat penting diketahui para siswa sehingga tidak salah pilih jika ingin melanjutkan pendidikannya,” jelasnya.

Ketua Pembina Gerakan Pramuka Racana Kampus Islami UMI Dr. Ir. H. A. Dirgahayu Lantara, MSc mengatakan, saat ini kondisi generasi muda berada dalam kondisi kritis dan sangat menghawatirkan, khususnya proses dekadensi moral, baik dalam pergaulan, narkoba dan sebagainya, terlebih lagi di era globalisasi saat ini. Salah satu organisasi kepemudaan yang dapat membendung dan membentengi generasi muda Indonesia adalah gerakan pramuka.

“Karena mereka dilatih fisik dan mental guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dan ini sesuai visi UMI membangun generasi muda yang berakhlakul karimah, berilmu amaliah dan beramal ilmiah,” ungkapnya.

Ketua Panitia IASC II Tahun 2016 Muhammad Afandi mahasiswa FKM UMI mengatakan, kegiatan ini bertujuan menguji dan mengevaluasi sejauh mana perkembangan efektifitas dan efisiensi pembinaan peserta didik sebagai anggota pramuka dalam meningkatkan pola pikir dan keterampilan.

Kegiatan lomba IASC II meliputi kepramukaan, keagamaan, skill building, kesenian dan kuliner, akan berlangsung selama 3 hari, diikuti 330 peserta dari berbagai SMA, MA dan pesantren se Sulawesi Selatan.

(Humas UMI)

Previous Pimpinan dan Dosen UMI Wajib Cuti Da’i
Next Mapala UMI Hadirkan Kwecheng, Anggota Tim Summits Expedition

You might also like

Alhamdulillah, UMI Choir Raih Gold Medal-Level II di Ajang Internasional BICF Bali

UMI Makassar – Alhamdulillah itulah kata pertama yang diucapkan Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA yang masih mengikuti acara di UMJ dan beliau menerima telpon dari Wakil Rektor

Perhelatan Akbar Milad UMI ke-62

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar peringatan Milad ke-62 di Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Kamis (23/6). Perayaan Milad tersebut menghadirkan Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial

UMI Siap Support Dana bagi Peneliti Dosen & Mahasiswa

UMI Makassar – Wakil rektor II UMI Dr. Ir. H. Iskandar BP, MSc membuka Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI, di  Gedung Menara UMI lantai 3, Senin