UMI Makassar – Pimpinan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar terdiri atas ketua pengurus Yayasan Wakaf UMI H Mokhtar Noer Jaya, wakil rektor I Prof Dr H Syahnur Said, MS., wakil rektor 2 Dr Ir H Iskandar BP, MSc, wakil rektor 3 Prof Dr H Achmad Gani, SE., Msi, wakil rektor IV Drs KH Zain Irwanto, MA, wakil rektor 5 Prof Dr H Ma’ruf Hafiz,SH., MH dan beberapa pimpinan fakultas dalam lingkup UMI menghadiri silaturahmi idul fitri 1435 H badan kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) se Indonesia dan rapat kerja pengurus dalam rangka persiapan Munas ke XI BKS PTIS se Indonesia yang insya Allah dilaksanakan bulan Desember 2014 di Universitas Al Azhar Jakarta (3/9). Insya Allah UMI akan menjadi tuan rumah pelaksana Munas.

Hadir wapres RI terpilih Dr HC Jusuf Kalla, Prof Dr Ir Sardy Sar M.Eng.S.c Rektor Universitas Al Azhar, ketua BKS PTIS pusat Dr H Muhajir Effendy MAP, pengurus BKS PTIS se Indonesia, rektor dan pengurus yayasan perguruan tinggi agama Islam se Indonesia dan civitas akademika Universitas Al Azhar Jakarta.

Dalam taushiyahnya, ketua dewan penasehat BKS PTIS HM Jusuf Kalla, mengatakan pimpinan PTS menjalankan amal jariyah dalam melahirkan generasi muda yang cerdas sehat dan berakhlak karimah.

“PTIS dulu belum besar, masih terbatas seperti UII di Jakarta, UMI di Makassar dan Alhamdulillah saat ini makin berkembang,” ungkapnya.

Saat ini alumni PTN/PTIS untuk menjadi PNS makin tipis. Tiap tahun 160.000 kuota PNS dan sarjana kira 220.000 atau 60 persen selebihnya menjadi profesional atau buka usaha sendiri sehingga ijazah menjadi tidak penting lagi.

Saat ini ada perubahan dan menjadi tantangan. Hal ini menjadi catatan penting bagi pimpinan PT khususnya PTIS. Selain itu, dukungan anggaran bagi PTN sehingga PTN makin berkembang sehingga SPP atau BPP PTN rendah sementara PTIS tidak. Hal ini menjadi dilema perbedaan antara PTN dan PTS termasuk PTIS. Hal ini menjadi persaingan PTN dan PTIS termasuk masalah anggaran SPP dan juga motivasi.

Ketua BKS PTIS Dr H Muhajir Efendy, MAPmengatakan, pertemuan ini selain lebih merekatkan tali silaturahmi antar pengurus BKS PTIS se Indonesia juga dengan ketua pembina yang terpilih sebagai wapres RI HM Jusuf Kalla.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!