Makassar, umi.ac.id – Tim Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara daring di kabupaten Bone, Jumat (16/10/2020).

Kegiatan bertajuk “Peningkatan Peran Dokter dan Bidan dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan” ini berlangsung atas kerjasama Tim PkM FK UMI dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Bone dan IBI Daerah Sulsel.

Dalam kegiatan itu, Tim PkM FK UMI terdiri dari dr M. Hamsah Said, SpOG, M.Kes, dr. Nesyana Nurmadilla, M.Gizi, dr. Erlin Syahril, Sp.Rad.(KTR), DR. Dr Marliyanti Akib, SpM(K), M.Kes dan dr. Dian Fahmi Utami.

Peserta yang hadir yaitu Pengurus Daerah IBI SulSel, Pengurus Cabang IBI Bone, serta Anggota IBI Cabang Bone yang berjumlah sekitar 1.700 orang dan juga mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) Bagian Obstetri dan Ginekologi FK UMI.

Program ini menghadirkan narasumber, Wakil Dekan I FK UMI Dr.dr. Nasrudin Andi Mappaware, Sp.OG(K), MARS yang juga Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Ibnu Sina YW UMI.

dr Nas, sapaannya, menjelaskan, topik yang dibawakan merujuk pada tema kegiatan pengabdian yaitu Dampak Gangguan Hormonal terhadap kualitas Hidup Perempuan.

“Bagaimana pentingnya seorang perempuan menjaga kondisi keseimbangan hormon terkait proses reproduksi yang baik terutama dalam proses kehamilan, persalinan dan menyusui,” papar dr Nas dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (18/10/2020).

Alumni Fakultas Kedokteran UMI ini juga menjelaskan beberapa hal terkait dampak atau gangguan yang dapat terjadi jika kondisi hormon tidak seimbang, antara lain sulit untuk hamil (infertil), infeksi pada Jalan lahir , tumor pada organ reproduksi (genital dan payudara), masalah atau gangguan saat masuk fase menopause.

“Hal lain yang adalah bagaimana hubungan dan pengaruh status gizi dan stres terhadap kondisi hormon perempuan,” beber Dokter Nas.

Kegiatan PkM ini diharapkan dapat semakin memperluas wawasan bidan tentang kesehatan reproduksi perempuan sehingga nantinya akan semakin meningkatkan kualitas hidup perempuan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat semakin mempererat kerja sama dan tali silaturahmi antara FK UMI dengan IBI sehingga diharapkan kegiatan-kegiatan serupa akan terlaksana kembali.

(HUMAS)