Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia melakukan praktek lapang terpadu di Kelurahan Balla, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang yang dikoordinir langsung Ketua Prodi, Dr. Ir. Mais Ilsan, MP yang diikuti 10 dosen dan 10 asisten dengan 350 mahasiswa dan diterima langsung Lurah Balla, kec. Baraka.

Praktek Lapang yang berlangsung tanggal 22 – 24 November 2019 ini bertujuan untuk menerapkan teori yang telah di peroleh di perkuliahan, mhasiswa melakukan wawancara kepada petani kemudian asisten bertugas melakukan asistensi di lapangan selanjutnya mahasiswa membuat laporan, sebagai salah satu persyaratan kelulusan mata kuliah.

Praktek lapang ini dengan 8 mata kuliah yaitu Penyuluhan Pertanian, Manajemen Pemasaran Pertanian, Ekonomi Kelembagaan, Kedaulatan Pangan, Pemberdayaan Masyarakat, Analisis Harga, Analisis Ekonomi dan Evaluasi Proyek Pertanian

Lanjut dikatakan, praktek kerja ini merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara penyampaian materi di bangku kuliah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Praktek kerja lapang ini juga merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa Program Studi Agrbisnis Fakultas Pertanian UMI untuk menyelesaikan pendidikannya

Prodi Agribisnis UMI merupakan salah satu prodi yang mempelajari tentang usaha pertanian dari sektor hulu, on farm hingga hilir. Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budaya, penyedaiaan bahan baku, panen, pasca paben, proses pengolahan hingga taham pemasaran.Setiap elemen dalam produksi dan distribusi pertanian dapat dijelaskan sebagai aktivitas agribisnis. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian UMI memiliki kecakapan di lapangan yang berkaitan dengan mata kuliah yang dipelajari, ujar Mais Ilsan.

(HUMAS)