UMI Makassar – Guru Besar Universitas Teknologi Malaysia (UTM) Prof Dr Hamdan Said memberi kuliah umum dihadapan mahasiswa Program Pascasarjana UMI, di kampus Pascasarjana UMI, Selasa 2 Desember 2014.

Dalam sambutannya, Prof Dr Hamdan Said mengatakan, dalam proses belajar mengajar saat ini, peran dosen semakin kecil dalam mentransfer ilmu dan dosen tidak lagi mendikte, tetapi tinggal mengarahkan, karena mahasiswa sudah pintar karena dibantu dengan teknologi informasi, yaitu  gadget dan smartphone. Lanjut dikatakan, pada saat dosen menerangkan tentang suatu masalah, mahasiswa langsung mencari penjelasannya melalui smartphone yang dimiliki.

“Untuk itu penguasaan teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan dalam manajemen pengelolaan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Dikatakan pula, metode pembelajaran saat ini,  telah mengalami revolusi dengan adanya kemajuan teknologi informasi, jadi kalau ada universitas yang tidak mengikuti perkembangan teknologi informasi, maka akan ditinggalkan oleh masyarakat.

“Dosen jangan hanya mengutamakan mengajar tapi harus dibarengi dengan kegiatan menulis dan penelitian, serta mempublikasikan hasil temuannya di jurnal. Mahasiswa harus didorong dan dibimbing sehingga mereka  dapat menulis di jurnal,” jelasnya.

Direktur Program Pascasarjana UMI Prof Dr H. Basri Modding, SE, MSi dalam sambutannya juga mengatakan, kegiatan kuliah umum  merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh pascasarjana UMI, dengan mendatangkan pakar dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Kuliah umum ini dimaksudkan memberi wawasan dan pencerahan kepada mahasiswa pascasarjana UMI,” katanya.

Hadir pada kuliah umum tersebut, pimpinan pascasarjana UMI, dosen dan mahasiswa program pascasarjana UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!