Pesantren Ramadhan Virtual UMI di hari ke-29 ditutup oleh Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Ir. H. M. Hatta Fattah, M.Si (Jum’at, 22/5). Hadir Dr. Hj. Muli Umiaty Noer, M.Hum yang juga Direktur Akademi Bahasa Asing UMI. Hadir pula Host Dr. M. Ishaq Shamad, M.A & Dr. Hj. Nurjannah Abna, M.Pd, dosen, karyawan, dan sejumlah mahasiswa UMI dan siswi SLTA.

Prof. Dr. Ir. Hatta Fattah menyampaikan rasa syukur karena sampai diujung Ramadhan tahun ini, kita masih dapat mempelajari agama Islam melalui Pesantren Ramadhan Virtual UMI. Dalam situasi yang sulit seperti ini, tidak pernah dibayangkan sebelumnya, kita membuat program yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, selamat kepada calon mahasiswa UMI, yang telah mengikuti program ini secara rutin, dan memang disiapkan fasilitas bebas tes masuk di UMI sesuai ketentuan, jika secara reguler mengikuti program ini. Program ini juga turut memperkenalkan UMI, selain ilmu agama Islam yang dapat digunakan sebagai sesuatu yang penting dalam kehidupan ini.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah ikhlas menjalankan program ini, khususnya kepada kedua Host M. Ishaq Shamad dan Host Nurjannah Abna, yang telah mendesain dan mengawal program Pesantren Ramadhan Virtual UMI ini, sehingga bisa berjalan dan sukses sampai akhir Ramadhan 1441 H.

Demikian pula ucapan terima kasih kepada Direktur ABA UMI yang ikut join serta dosen, karyawan, serta seluruh partisipan yang berperan aktif, sehingga program ini berjalan dengan baik. Ke depan, akan dirancang kegiatan-kegiatan yang inovatif seperti ini, dimana dapat memberi kemajuan bagi institusi UMI sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah, khususnya pada kalangan yang lebih luas melalui berbagai media, harapnya.

Sementara itu, Direktur ABA UMI Dr. Hj. Muli Umiaty Noer, M.Hum menyampaikan kesan yang mendalam atas program ini, kesan teman-teman menganggap bahwa sudah lebih baik dari sebelumnya. Alhamdulillah, Direktur ABA UMI bisa juga berdakwah dalam video taushiyahnya yang ditayangkan pada pesantren Ramadhan Virtual UMI. Semoga tidak hanya bertemu di Zoom, tetapi bisa bertemu di darat, setelah wabah Covid-19 ini reda, harapnya.

Host Dr. Nurjannah Abna mengemukakan program pesantren Ramadhan Virtual UMI ini sangat baik, terutama dengan tampilnya para pimpinan UMI menyampaikan Taushiyah, menunjukkan bahwa UMI memang sebagai Lembaga Pendidikan dan dakwah, sebutnya. Ia juga mengapresiasi kreatifitas Tim, dan ketekunan peserta pesantren virtual UMI, yang ikut join meramaikan program ini, jelasnya.

Host Dr. M. Ishaq Shamad menambahkan sebelum sambutan WR 5 UMI, telah ditayangkan Video Taushiyah Drs. H. M. Ilyas Umar, M.Hum/Wakil Dekan IV Fakultas Pertanian UMI yang membahas “Ibadah Maghda dan Ghairu Maghdah”. Dikatakan ibadah maghdah, adalah ibadah yang memang diperintahkan oleh Allah SWT, sesuai dengan dalil Al-Qur’an dan Hadis.

Sementara ibadah ghairu maghdah, adalah ibadah atau aktifitas yang dilakukan sebagai adat kebiasaan, tetapi diniatkan dilakukan kerena kecintaan kepada Allah SWT, jelasnya. Kepada adik-adik calon mahasiswa UMI, sampai bertemu di Kampus UMI tercinta, wassalam, tutupnya.

(HUMAS)