Dalam kondisi pandemi Corona PSIK Dan DPK PPNI UMI tetap melakukan Workshop dalam bentuk online melalui aplikasi zoom. Ketua panitia Haeril Amir, M.Kep mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi Dosen Dan Mahasiswa.

Ketua Prodi Dan Ketua DPK PPNI UMI masing masing Ns. Wa Ode Sri Asnaniar, S.Kep.,M.Kes Dan Ns. Sudarman, S.Kep.,M.Kes. Juga menambahkan pentingnya rangkaian workshop untuk meningkatkan pengetahuan Dan tingkat publikasi Dosen Dan mahasiswa, beliau Juga berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi dasar yang membantu mahasiswa sehingga tidak lagi turun penelitian namun proses penyelesaian study tetap berjalan.

Menurut narasumber Kelebihan systematic review dibanding kajian biasa adalah penggunaan metode ilmiah dan pengerjaannya yang sistematis. Sehingga, systematic review ini minimal bias serta hasilnya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Ungkap Bapak pemateri Dr. Adi Rian Pamungkas, S.Kep.,M.N.S.,Ns pada acara workshop webiner hari ini. (27/4/20).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari Prodi Ners FKM UMI dengan DPK PPNI Komisariat UMI. Adapun tema dalam kegiatan ini adalah Sistematic Review. Kegiatan ini menghadirkan dua pakar sebagai narasumber, pertama Bapak Adi Rian Pamungkas dari Universitas Esa unggul Jakarta Dan Universitas Airlangga surabaya yakni Ferry Efendi.,P.hD.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua kali Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan FKM UMI, Dr. Suharni A. Fachrin, S.Pd., M.Kes dan juga dihadiri Bapak Wakil Dekan 2 FKM UMI, Dr. Samsualam, S.KM,S.Kep.,Ns.,M.Kes.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses walaupun memanfaatkan webiner melalui zoom meeting cloud. Output workshop ini menghasilkan beberapa goals diantaranya, pertama penelitian-penelitian mahasiswa keperawatan akan diarahkan ke literature review dan juga sitematic review.

Sehingga ke depannya akan sangat mudah diterima dalam publikasi jurnal internasional. Terlebih lagi mengingat Pandemi Corona ini mahasiswa akan diuntungkan tanpa harus turun langsung meneliti di lapangan melainkan menyusun literature review dan sistematic review. Kedua bermanfaat untuk memperkaya penyegaran pemahaman dan publikasi para dosen keperawatan. Semoga kegiatan selanjutnya akan bisa lebih sukses lagi. Aamiin.

(HUMAS)