Humas UMI

Di Era reformasi setiap warga negara memiliki hak untuk mencari, memperoleh, menggunakan dan menyebarkan informasi yang akurat secara mudah dan cepat, termasuk Universitas Muslim Indonesia sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang eksis sejak tahun 1954.

Pimpinan UMI periode 2010-2014 menetapkan Visi UMI dengan menjadikan UMI yang Profesional, Unggul dan bermartabat menuju Universitas Kelas Dunia (World Class University ). Visi tersebut dituangkan dalam misi UMI yakni; 1. Meningkatkan kegiatan Tri Dharma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) yang profesional berbasis pada nilai ke-Islaman melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO),dan 2. Memperkokoh UMI menjadi Universitas yang Unggul, bermartabat dalam memajukan IPTEKS, memberi arah perubahan dan mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance).

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi tersebut telah ditetapkan tujuan UMI, yakni; 1. Menjadi universitas yang profesional dalam layanan pendidikan bermutu berbasis pada nilai keislaman melalui sistem manajemen mutu ISO, dan 2. Menjadi universitas yang unggul, bermartabat dalam memajukan iptek, memberi arah perubahan dan mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance).

Kantor Hubungan Masyarakat (Humas) UMI sebagai salah satu unit yang dibentuk Pimpinan Universitas berkomitmen untuk mewujudkan tercapainya tujuan yang diinginkan oleh UMI dengan menetapkan berbagai program kerja dan melakukan berbagai kegiatan yang searah dengan visi, misi dan tujuan UMI yang telah ditetapkan.

Dalam kesiapan menghadapi era Keterbukaan Informasi Publik, Humas UMI dituntut untuk lebih meningkatkan kinerjanya secara optimal dan profesional sehingga diharapkan dapat memberikan pelayanan informasi kepada publik secara cepat, murah, transparan dan akuntabel.

VISI DAN MISI

Visi

UMI Towards World Class University

Misi

  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder UMI dalam menunjang visi dan misi UMI.
  • Melakukan berbagai kegiatan yang dapat mendukung pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) secara profesional berbasis pada nilai ke-Islaman.
  • Menyiapkan informasi yang lengkap, akurat,komprehensif dan terpadu berdasarkan visi dan misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah
  • Mengembangkan Sumber Daya Manusia di bidang kehumasan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik

Tujuan

  • Terwujudnya komunikasi yang harmonis dan intensif dengan media massa/elektronik untuk menciptakan image UMI secara positif.
  • Terwujudnya pelayanan informasi dan publikasi berbagai kegiatan UMI, baik melalui media cetak maupun elektronik.
  • Meningkatkan pemberdayaan dan partisipasi setiap lembaga dan unit dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia dalam agenda tri darma perguruan tinggi, baik yang berskala Regional, Nasional dan Internasional.
  • Memberikan pelayanan maksimal terhadap stakeholder UMI dalam mewujudkan UMI sebagai Universitas yang Unggul, bermartabat dalam memajukan IPTEKS, memberi arah perubahan dan mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance).

Tupoksi

Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) mempunyai ruang lingkup bidang urusan Internasional, bidang humas, komunikasi dan informatika serta protokol.

Program Kerja

Guna mendukung terciptanya hubungan yang harmonis antara Universitas Muslim Indonesia dengan stakeholder (insan media, masyarakat serta lembaga lainnya), maka Humas melaksanakan tupoksi dengan meliputi :

  1. Program Peningkatan Pelayanan Publikasi dan Informasi
  • Memberikan pelayanan administrasi dalam menyelenggarakan publikasi dan informasi baik internal maupun eksternal
  • Menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dalam lingkup Universitas
  • Pelatihan Tenaga Admin Pengelola Website
  • Mempublikasikan kegiatan UMI melalui media cetak dan elektronik
  • Membuat banner visi dan misi UMI
  • Mengakses informasi dengan mengacu pada tri dharma perguruan tinggi, baik level lokal, nasional dan Internasional
  • Pembuatan siaran pers dan analisa berita
  • Hunting data dan klarifikasi berita
  • Pembuatan visualisasi profil UMI setiap tahun akademik
  • Membuat media komunikasi (Tabloid Fitrah UMI, Mimbar Jum’at UMI, Buletin UMI)
  • Menyiapkan konsep promosi UMI setiap tahun akademik berjalan
  • Menata iklan promosi (spanduk) di kampus 1 dan 2
  1. Program Dokumentasi dan Pelaporan
  • Membuat dan menghimpun serta mendokumentasikan naskah pidato Pimpinan UMI
  • Melakukan shooting video/foto dokumentasi kegiatan universitas dan mengarsipkan dalam file di computer
  • Pengadaan CD kegiatan universitas dan dokumentasi foto
  • Mendokumentasikan kegiatan Universitas dalam bentuk audio visual dan cetak
  • Menyiapkan foto untuk bahan pemberitaan
  • Menghimpun dan mendokumentasikan data base fakultas/unit/lembaga/biro
  • Mendokumentasikan media informasi dan komunikasi universitas
  • Mendesain bahan-bahan cetakan (brosur, leaflet, majalah, buku, spanduk, baliho) untuk kepentingan promosi UMI
  • Mengkoordinir percetakan brosur, leaflet, majalah, buku, dan bahan cetakan lainnya
  • Mengakses dan meng-up date e-mail humas.umi@gmail.com
  • Menfasilitasi/mendukung bahan presentasi power point pimpinan
  • Menjadi operator information Technology (IT) dalam mengakses data informasi melalui internet yang bermanfaat bagi UMI.
  1. Program Kesekretariatan Rektorat
  • Pelayanan tamu-tamu Universitas
  • Time scheduling kegiatan –kegiatan Rektor
  • Mengatur konsumsi kegiatan Universitas
  • Mengkoordinir pembelian ATK dan kebutuhan kantor Rektorat
  1. Program Pengelolaan Adm dan Keuangan
  • Membuat/mengusulkan perencanaan anggaran tahunan lembaga ke pimpinan
  • Menerima pencairan dana lembaga urusan internasional dan humas
  • Mencatat dana pengeluaran dan penerimaan dana lembaga urusan internasional dan humas
  • Membuat laporan keuangan pertanggung jawaban dana kegiatan dan dana sehari-hari lembaga Urusan Internasional dan humas serta Rektorat.
  • Mengurusi konsumsi tamu dan pimpinan (Rektorat) dan konsumsi kegiatan/rapat-rapat universitas
  • Mencatat dana penerimaan dan pengeluaran dana foto wisuda dan mahasiwa baru
  • Mengurusi dana media cetak/elektronik (peliputan dan iklan)
  • Mencatat/mengisi form berita tentang kegiatan yang dilaksanakan Universitas/unit/lembaga
  • Melakukan pengusulan dana pembelian/orderan ATK secara berkala

5. Program Maintenance

  • Pengadaan ATK/perlengkapan lain lembaga international affair dan humas serta Rektorat, baik orderan ke bagian perlengkapan UMI maupun pembelian langsung.
  • Penjemputan tamu dari bandara dan mendampingi/mengantar pimpinan dan tamu Universitas
  • Ekspedisi surat keluar
  • Membantu melakukan shooting video/foto dokumentasi dan mengarsipkan dalam file di komputer
  • Inventarisasi asset (asset register)
  1. Program Kegiatan Administrasi
  • Menerima telepon dan menjawab telepon
  • Menerima surat masuk, menscan, mencatat dan mengarsipkan
  • Melakukan klipping media cetak (Koran, majalah, brosur, buku, leaflet dan cetakan lainnya)
  • Melaksanakan tugas keprotokelaran dan mengaji Al-Qur’an pada kegiatan Universitas dan Unit/Lembaga.
  • Mencatat/mengisi form berita tentang kegiatan yang dilaksanakan Univeritas/unit/lembaga
  • Mendampingi tamu-tamu dari Luar Negeri yang menggunakan Bahasa Arab
  • Bekerja secara team work dengan staf international affairs dan public relation lainnya
  • Melaksanakan tugas khusus yang diberikan oleh pimpinan Public Relation.

Staff Humas:

Kepala Humas: Hj. Nurjannah Abna,SS.,M.Pd
Anggota:

  • Farid Yusuf,SH
  • H.Bunyamin Harun,SmHK
  • Nurnany Tjake.SH
  • St.Yusran,S.Ag
  • Abd.Gaffar
  • H.Suaib Arifin,SS
error: Content is protected !!