UMI Makassar – Untuk merekatkan tali silaturrahmi pusat inkubasi bisnis UMI dengan anggota tenant yang menjadi binaan inkubator bisnis UMI dan civitas akademika UMI, maka dilaksanakan halal  bi halal dirangkaikan dengan temu bisnis UKM dalam meningkatkan kemitraan dan silaturrahmi. Hal ini disampaikan ketua  pusat inkubasi bisnis UMI Dr. H. Zainuddion Rahman, SE.,M.Si., dalam sambutannya pada acara halal bi halal di Auditorium al Jibra kampus 2 UMI (9/8).

Hadir dalam acara tersebut, kepala koperasi dan UKM Prov. Sulsel diwakili Kepala Balatkop Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Drs. Hab. Azis Bennu, Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 3 UMI Bidang kemahasiswaan Prof.Dr. H. Ahmad Gani,SE.,MSi., Dr. H. Andi Darmawangsa, MA pembawa hikmah halal bi halal yang juga Dosen Fakultas Agama Islam UMI, anggota tenant yang berjumlah 45 orang beserta keluarga dan mahasiswa binaan kemahasiswaan UMI dalam program pembinaan kewirausahaan.

Sementara itu, Wakil Rektor  III UMI mengatakan, acara ini menjadi media silaturrahmi antara civitas akedemika UMI dengan masyarakat khususnya yang menjadi anggota tenant binaan pusat inkubasi bisnis UMI dan lebih mengenalkan UMI secara dekat sebagai bagian dari keluarga besar UMI. UMI merupakan lembaga pendidikan dan dakwah yang telah memiliki 49 program studi dan satu-satunya universitas yang terakreditasi institusi.

UMI dalam setiap penerimaan mahasiswa baru, juga mengeluarkan zakat 2,5 % dari mahasiswa yang diterima dan diperuntukkan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki kecerdasan intelektual namun tidak mampu dalam finansial. UMI memiliki 35 desa binaan tersebar di pelesok daerah Sulsel dan juga di luar Sulsel, seperti Ternate, Gorontalo, dan sebagainya.

Sementara itu, kepala balat dinas koperasi dan UKM memberikan apresiasi kepada UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang tidak hanya eksis dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran serta penelitian juga dalam bidang pengabdian pada masyarakat khususnya kemitraan dengan koperasi dan UKM dalam pembinaan ekonomi masyarakat. UMI telah melaksanakan 4 pilar dalam bidang ini, diantaranya pilar rekruitmen dan pembinaan, kualitas produk, kemitraan dan sebagainya.

UMI merupakan universitas satu-satunya yang eksis dalam pembinaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi dengan lembaganya pusat inkubasi bisnis UMI. Selain itu, UMI juga merupakan lembaga pendidikan yang melahirkan sarjana yang bernilai plus dengan bekal enterpreneurship yang telah diberikan selama kuliah. Hal ini memberikan kesiapan mahasiswa untuk terjun ditengah-tengah masyarakat, tidak hanya untuk menjadi PNS tapi dia juga siap membuka lapangan kerja. Saya sangat bangga dan apresasi terhadap berbagai terobosan yang telah dilaksanakan UMI dalam implementasi salah satu tri darma perguruan tinggi dalam pengabdian pada masyarakat.

Sementara itu, H. Andi Darmawangsa, MA sebelum menguraikan hikmah halal bi halal juga menyampaikan beberapa pengalaman sejak dia menjadi mahasiswa hingga terangkat menjadi dosen UMI, melakukan berbagai aktivitas untuk membantu meringankan kebutuhan keluarga. Lanjut dikatakan, acara silaturrahmi adalah lebih merekatkan ukhuwah islamiyah dan insyaniyah antar kita, khususnya anggota tenant beserta keluarga dan keluarga besar UMI .

(Humas UMI)

error: Content is protected !!