Pusat jurnal dan publikasi (PJP) UMI mengadakan workshop pengelolaan dan pendampingan jurnal menuju bereputasi nasioanal dan internasional, di ruang rapat menara UMI lt3, 18-19 Januari 2020.

Wakil rektor 5 UMI, Prof. Dr. H. Muh. Hatta Fattah Msi mengatakan saat ini UMI telah memiliki banyak karya ilmiah penelitian, karena cluster penelitian kita adalah utama, maka dari itu, UMI memacu output dan outcomesnya agar karya-karya ini bisa diterbitkan di publikasi di jurnal internasional hingga kepada paten dan hilirisasi.

Prof. Hatta juga menambahkan bahwa tahun ini UMI canangkan sebagai tahun inovasi dalam rangkaian milad UMI ke 66.

Kepala PJP UMI, DR. Ir. Hj. Netty mengatakan bahwa saat ini Perubahan jurnal cetak ke online sudah sangat pesat, kita harus ikuti perkembangan baik itu penulis maupun penerbitnya sehingga penelitian yg dihasilkan bisa dikenal masyarakat secara nasional maupun internasional.

Tujuannya dari workshop ini memberikan pelatihan dan pendampingan secara langsung face to face pada opengelola jurnal sampai mendaftar di Arjuna, akreditasi jurnal nasional, yakni badan yang membawahi jurnal untuk dinilai.

agar bisa diakreditasi diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi pengelola jurnal untuk berperan aktif dalam mewujudkan jurnal bereputasi nasional maupun internasional.

Setelah kegiatan ini kami harapkan selain mengantar jurnal yang bereputasi kami juga mengharapkan ada dukungan dari pimpinan UMI agar workshop yang dilanjutkan dengan pendampingan ini bisa berlanjut. Adapun Peserta yang hadir merupakan pengelola jurnal dalam dan luar UMI.

Saat ini UMI memiliki 23 jurnal yang terbentuk, dan 7 yang sudah terkareditasi Sinta.

Beberapa pemateri yang mengisi workshop ini adalah Aji Prasetya wibawa ST MMT PhD merupakan reviewer jurnal nasional dan internasional dan juga Prof. Dr. Irwansyah SH MH merupakan reviewer akreditasi jurnal nasional.

(HUMAS)