Makassar, umi.ac.id – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si didaulat menjadi pimpinan sidang promosi Doktor, Dosen Universitas Fajar (Unifa) Muh Hatta Alwi Hamu dalam program studi Bidang Sumber Daya Manusia di Program Pascasarjana UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Selasa (14/7/2020).

Sidang promosi Doktor yang digelar secara virtual ini berlangsung spesial. Selain dipimpin langsung oleh Rektor UMI, acara ini juga disaksikan langsung oleh Ketua Pembina Yayasan UMI Prof. Dr. H Mansyur Ramli, Ketua Pengurus Yayasan UMI, Mokhtar Noorjaya dan sejumlah pejabat tinggi PPS UMI, serta Rektor Unifa Dr. Muliyadi Hamid SE, M.Si,, bahkan Ketua Yayasan Fajar, Muhammad Ridwan.

Dalam kesempatan itu, putra Alwi Hamu, Chairman Fajar Group, sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengaruh Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Melalui Motivasi Kerja Karyawan Hotel di Kota Makassar’ di hadapan penguji.

Terpantau ujian promosi Doktor Moh Hatta Alwi ini, yang bertindak selaku Promotor adalah Prof. Dr. H Mansyur Ramli, S.E, M.Si,Ko Promotor Dr H. Sanusi Hamid, S.E, M.Si, dan Dr. Rosliana Alam, S.E, M.Si. sedangkan penguji diantaranya Prof. Dr. H Achmad Gani, S.E, M.Si, Prof. Dr. H NAsir Hamzah, S.E, M.Si, Prof. Dr. H Baharuddin Semmaila, dan Dr. St. Sukmawaty, S.E, M.M.

Sebelum memulai sidang, Prof Basri Modding mempersilahkan provendus dalam hal ini Muh hatta Alwi Hamu untuk mengambil posisi di podium dan menanyakan kesiapannya provendus hingga penguji dalam sidang promosi doktor kali ini.

“Saudara provendus apakah siap mengikuti promosi doktor kali ini. Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahiim, Sidang promosi Doktor kali ini saya nyatakan dibuka,” kata Rektor UMI saat memulai sidang.

Terlihat, Wakil Ketua Yayasan Fajar Pendidikan itu sangat percaya diri saat mempresentasikan disertasinya di hadapan penguji. Dalam paper penelitiannya tercatat, ada 9 poin rumusan masalah yang diangkat untuk menjawab tujuan penelitannya. Penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sample.

Populasi dari penelitian ini adalah karyawan hotel di Kota Makasssar dengan jumlah sampe sebanyak 200 karyawan. Muh Hatta Alwi menjelaskan, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengann teknik kuisioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equaion Model (SEM).

“Hasil penelitian ini ditemukan, bahwa pertama kompetensi berpengaruh positf dan signifikan terhadap motivasi kerja karyawann hotel, kedua kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan hotel, ketiga kompetensi berpengaruh positif dan signifikan kinerja karyawan hotel, dan berikutnya hingga 9 poin,” papar Muh Hatta.

Setelah semua proses berlangsung, sidang promosi doktor ini berakhir dengan haru. “Selamat kepada Saudara Muh Hatta Alwi Hamu. Mulai saat ini, saudara telah berhak mengganden gelar akademik Doktor di bidang manajemen Ilmu Sumber Daya Manusia,” tutup Rektor UMI, Prof Basri Modding.

Terlihat pula secara virtual menyaksikan momen sakral proses akademik terakhir bagi gelar doktor ini adalah ayah dari Muh Hatta, Alwi Hamu, isteri Muh Hatta, dan sejumlah pejabat tinggi Universitas Fajar dan Yayasan Pendidikan Fajar.

(HUMAS)