Juni 19, 2014 244 Views

Rangkaian Milad UMI: Pekan Ilmiah Bag.2 Bahas IPTEKS & AFTA

Ikut hadir dalam event ini,  sekaligus sebagai pembicara Dekan Fakultas Ilmu Komputer Ir.H.Muhammad Diah Yusuf, Phd, Dr.Ir.H.Sudirman Numba,MT, Prof.Dr.dr.H. Syarifuddin Wahid,PhD, Sp.PA(K),SP.K, Dr.Ir.Asbar,M.Si, Dr.drg.H.Syamsu Khaldun,M.Kes, Moderator: Dr.A.Nurlinda, S.Km., M.Kes., Ir.H.Zulkarnaen Arif, MBA dan Dr.Ir.H.A.Amran Sulaiman, MP.

“Fakultas Pertanian kurang diminati, padahal kita itu basisnya, jadi ada apa?,” tanyanya.

Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Sudirman Numba MT mengatakan, tujuan ASEAN Community memberikan kebebasan produksi, dan menjadi tantangan dalam melakukan pengembangan usaha termasuk dalam proses pendidikan.

“Implementasi masyarakat ASEAN, Indonesia tak hanya menjadi negara pemasok bahan baku. Hal ini menyebabkan peningkatan ekonominya sangat rendah,” ungkapnya.

Dengan ASEAN Community 2015, Indonesia akan menjadi pasar investasi, sehingga banyak tenaga asing akan masuk di Indonesia. Untuk itu, UMI harus bisa membenahi sistem pendidikan, jika tidak, maka mahasiswa UMI akan ketinggalan.

Saat ini banyak mahasiswa asing mempelajari Bahasa Indonesia, setelah menyelesaikan studi, mereka akan siap kerja di Indonesia, sebab peluangnya cukup banyak.

“Soal ekonomi, pertanian, Indonesia lebih banyak mengekspor gelondongan, bahan baku mentah, bukan barang jadi,” tambahnya lagi.

Selain itu, potensi barang dan jaya, kualitas barang yang ada juga kalah, baik soal kualitas maupun harga, sehingga masyarakat Indonesia akan sangat sulit meningkatkan perekonomian masyarakat.

Petani Indonesia saat ini masih berasosiasi dengan kemiskinan, sehingga peran perguruan tinggi dan pemerintah sangat besar, termasuk para pelaku usaha untuk mengembangkan sistem perekonomian di Indonesia, khususnya di Sulsel.

Salah satu solusi yang diterapkan saat ini, mahasiswa sebagai pelajar harus bisa terlibat langsung dalam pengembangan ekonomi, baik pertanian maupun penjualan barang dan jasa. Hal ini untuk membentuk mental mereka di masyarakat setelah menyelesaikan pendidikan.

“Saya mengajak pak Amran ke acara ini untuk memperkenalkan orang-orang yang sukses binaan Kadin ke UMI,” kuncinya.

(Humas UMI)

Previous Rangkaian Milad UMI: Pekan Ilmiah Bertajuk Temu Ide & Curah Pikir
Next Rangkaian Milad: Gerak Jalan Santai Civitas Akademika UMI

You might also like

Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Memperoleh Akreditasi

Hasil reakreditasi Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011 tanggal 24

Milad Ke 35 Teknik Mesin UMI, Servis Motor Gratis & Lelang Iptek

UMI Makassar – Servis gratis motor Honda dan donor darah dalam rangka milad ke 35 Prodi Mesin Fak. Teknik UMI berlangsung di pelataran parkir kampus II UMI, Kamis 10 Desember

Mahasiswa UMI Gelar English Meeting

English meeting berlangsung di ruang LPDKI Kampus 2 UMI Makassar (3/6). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Student Ambassador Kampus Islami UMI. English meeting kali ini dihadiri sekitar 30 mahasiswa dari