Makassar, umi.ac.id – Pusat Jurnal dan Publikasi (PJP) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Rapat Kerja yang berlangsung secara virtual melalui video conference zoom, Kamis (14/01/2021).

Kegiatan tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Aji Prasetya Wibawa, ST.,MMT.,Ph.D. (Editor Jurnal IJAN Sinta 1 Scopus Universitas Malang) dan Ismail Suardi Wekke, S.Ag.,MA.,Ph.D. (Reviewer Jurnal Nasional STAIN Sorong).

Rapat Kerja pertama yang dilaksanakan oleh Pusat Jurnal dan Publikasi (PJP) UMI ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Ir. H. M. Hattah Fattah, MS.

Rapat kerja ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas jurnal yang ada di Universitas Muslim Indonesia serta meningkatkan jumlah publikasi makalah maupun buku yang dihasilkan dosen Universitas Muslim Indonesia, ungkap Dr. Ir. Hj. Netty, M.Si. Kepala Pusat Jurnal & Publikasi UMI.

Lebih lanjut diungkapkan dalam laporannya bahwa kami mengharapkan melalui Raker ini dapat mensosialisasikan Rencana Kegiatan PJP UMI dan mendapatkan masukan dari peserta raker. Pada awalnya jumlah jurnal di UMI adalah 19 Jurnal di tahun 2019 dan sekarang telah berjumlah 30 jurnal serta di antaranya telah terakreditasi sinta dan selebihnya dalam proses akreditasi.

Kami telah mengajukan ijin kepada LIPI untuk membuat penerbit buku melalui PJP UMI agar karya-karya dosen dapat terbit dalam bentuk buku yang ber-ISBN. Kami berharap mendapat dukungan dari seluruh pimpinan UMI untuk kemajuan bersama, harapnya.

Sementara itu Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Ir. H. M. Hattah Fattah, MS. mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Pusat Jurnal dan Publikasi (PJP) UMI meskipun dalam keadaan pandemi covid-19 saat ini. Kami berharap melalui Raker ini menghasilkan langkah-langkah kongkrit dalam meningkatkan kualitas artikel, jumlah jurnal dan publikasi serta meningkatkan angkat sitasi.

Perkembangan dari sitasi mengalami peningkatan secara signifikan, oleh sebab itu kami berharap melalui pengelola jurnal dapat saling mengsitasi itu bagian yang sangat penting karna menjadi poin penting dalam pemeringkatan akreditasi.

Di dalam rapat kerja ini dapat dirumuskan berbagai langkah konkrit sehingga mewujudkan Pusat Jurnal dan Publikasi (PJP) UMI dalam mendorong kemajuan Universitas Muslim indonesia, urai Guru Besar FPIK UMI ini.

Dalam Raker tersebut dihadiri oleh para Wakil Dekan 1 UMI dan Pengelola Jurnal di seluruh lingkup Universitas Muslim Indonesia.

(HUMAS)