Kunjungan KKN XLIX (KKN ke-49) Rektor UMI berlangsung di Kec. Pituriawa  Kab. Sidrap (2/6). Hadir Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI,H.Mokhtar Noer Jaya,SE.,M.Si.,Rektor UMI, Prof.Dr.Hj. Masrurah Mokhtar,MA., Ketua LPMD UMI, Prof.Dr.H. Salim Basalamah, SE., M.Si. Pejabat dalam lingkup Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah UMI dan Kepala Humas & HI UMI.

Dari pihak pemerintahan daerah Sidrap, hadir Sekretaris Kec. Pituriawa, kelurahan Punrangae, Kepala Puskesmas Lancirang, Ketua Ikatan Badan Indonesia Kab. Sidrap, Kepala Desa dan Lurah, tokoh masyarakat dan agama.

KKN kali ini merupakan KKN profesi yang diikuti selama 40 hari oleh peserta sebanyak 28 mahasiswa dan bertugas di kelurahan Punrangae Kec. Pituriawa. Umumnya mereka adalah yang telah berprofesi sebagai bidan di puskesmas. Untuk KKN profesi kali ini mereka ditempat di puskesmas Pancirang.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh peserta KKN profesi kali ini diantaranya penyuluhan bahaya Napza, lomba balita, pengobatan, pembuat tempat sampah, pengolahan air, penimbangan balita dan imunisasi, penyuluhan pentingnya ASI dan rumah bebas rokok.

Sebelum mendesain kegiatan terlebih dahulu dilaksanakan survey lapangan dan mengukur tingkat pengetahuan dan kebutuhan masyarakat. Semua kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat  bermanfaat untuk kemaslahatan dan juga memberikan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan perilaku hidup sehat yang diawali dari rumah dan lingkungan.

UMI merupakan pilihan tepat untuk melanjutkan studi, karena UMI merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta terbesar dan telah terakreditasi secara institusi di kawasan Timur Indonesia.

UMI mendapat kepercayaan dari DIKTI untuk pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Kedokteran gigi,” ungkap Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA dalam sambutannya.

Selain itu, UMI telah beberapa kali mendapat kepercayaan tingkat nasional diantaranya pelaksanaan MTQ mahasiswa. Sebelas kali MTQ antar mahasiswa tingkat nasional  selalu dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri. Alhamdulillah, untuk pertama kalinya, Universitas Muslim Indonesia sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia Timur diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah MTQ mahasiswa tingkat nasional dan mendapat apresiasi dan pujian karena sukses dan berhasil dalam pelaksanaannya.

“Bahkan, tahun ini, periode 1 tahun 2012, UMI mewisuda sebanyak 2012, suatu angka yang tidak direncanakan dan Alhamdulillah jumlah yang sama dengan tahun ini yaitu 2012,” tambahnya.

Dalam upaya mewujudkan World Class University sebagai visi dari kepemimpinan UMI tahun 2010 s/d 2014, telah dibangun kerjasama perguruan tinggi tingkat internasional seperti Malaysia, Singapura, Australia, India, China dalam bidang tri darma perguruan tinggi.

“Penempatan mahasiswa KKN UMI di Pituriawa mudah-mudahan memberi berkah untuk kemaslahatan masyarakat khususnya dibidang pendidikan kesehatan,” harap mantan Dekan Fakultas Sastra UMI selama dua periode ini.

Camat Pituriawa diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pituriawa Drs.M. Bakri menyatakan bahwa ini merupakan apresiasi dan sebuah kehormatan karena Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI bersama Rektor berkenan hadir ditengah-tengah masyarakat Pituriawa.

Kualitas program mahasiswa KKN UMI sangat luar biasa, karena itu pemerintah dan masyarakat Pituriawa memberi nilai plus kepada mahasiswa KKN UMI dibanding mahasiswa KKN yang  pernah bertugas di kec.Pituriawa karena program dan karya yang diberikan kepada masyarakat  sangat bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat.

“Program ini betul-betul menyentuh dan sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya menegaskan.

Karena itu, pemerintah Pituriawa senantiasa mengharapkan untuk mendapatkan mahasiswa KKN UMI di wilayah ini. Tidak hanya masyarakat yang membutuhkan kehadiran Mahasiswa KKN, tapi pemerintah Pituriawa sangat merasakan manfaat dan dukungan dalam implementasi program untuk kemaslahatan masyarakat,khususnya dibidang pendidikan dan dakwah. Pituriawa memiliki  2 kelurahan dan 10 desa yang dapat menikmati ilmu yang diterapkan mahasiswa untuk pengembangan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!