UMI Makassar – Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA salah satu anggota senat sebagai tamu terhormat dalam acara pengukuhan guru besar rektor Universitas Muhammadiyah Jakara Prof Dr H Syaiful Bakhri SH MH yang berlangsung di aula Fakultas Kedokteran UMJ Jakarta (13/2).

Nampak hadir ketua pengurus Yayasan Wakaf UMI H Muh.Mokhtar Noer Jaya dan wakil rektor II Dr Ir H Iskandar BP M.Sc yang juga mendapat undangan khusus dari rektor UMJ.

umj (2)

Masrurah mengatakan bahwa Allah SWT menunjukkan kekuasan-Nya mengijabah doa hambanya. Ketua umum BKS PTIS ini menceritakan minggu lalu saat diadakan rapat evaluasi persiapan rakernas BKS PTIS di Universitas Muhammadiyah Medan.

“Secara tidak sengaja saya menyebut nama beliau sebagai sekretaris umum BKS PTIS dengan mengawali Professor dan serentak peserta rapat mengamini dan alhamdulillah tiga hari kemudian disampaikan bahwa beliau telah menerima SK dari kementrian ristek sebagai guru besar dalam bidang hukum, Subhanallah,” ujar Masrurah.

umj

Sementara itu, Rektor UMI juga mendapat kehormatan besar dalam forum terhormat ini sebagai anggota senat dalam acara pengukuhan rektor UMJ. Prof Dr Syaiful Bakhri SH MH dalam pidato pengukuhan guru besar bidang ilmu hukum pidana dengan judul pencapaian pemindaan yang adil “suatu problematika mandirian hukum pidana” mengatakan pemindaan bermaksud untuk menegakkan kemaslahatan perdamaian serta kebahagiaan seluruh manusia. Tidaklah seseorang yang berdosa akan memikul dosa orang lain. “Kami tidak akan menghukum, hingga kami utus rasul terlebih dahulu. Pergolakan pemikiran tentang tujuan pemindaan menjadi perhatian para ahli hukum dan filosofis bahwa kejahatan harus dihukum setimpal dengan kesalahannya agar kejahatan tidak terulangi dan masyarakat mendapatkan ketentangan dan ketentraman dalam kehidupannya. Pemindaan bukan bertujuan untuk melaksanakan dendam dan sebagai alat kriminalisasi politik tetapi lebih jauh melakukan fungsinya yang sejati yakni tujuan rasa adil dan menjaga kebahagiaan masyarakat.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!