Pencerahan Qalbu Karyawan dan Dosen UMI di Pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe (25 Januari 2020)

Posted by Umi Makassar on Sunday, January 26, 2020

Rektor UMI Berikan Materi Kepemimpinan di Era Industri 5.0 pada Pencerahan Qalbu Dosen dan Karyawan YW UMI di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe UMI, 24-30 Januari 2020.

Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. dalam paparannya menyampaikan Manusia terbaik adalah yang memberi manfaat sepanjang hayat. Maka sebagai seorang pemimpin diharuskan berpedoman pada kepemimpinan Rasulullah Saw yang Fathanah, Amanah, Shiddiq dan Tabligh.

Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban atas hasil kepemimpinannya (HR. Bukhari dan Muslim).

Pemimpin yang shaleh memiliki 4 kebaikan yaitu Toyyib (baik dalam arti fisik), Khaiir (baik dalam sifat), Ma’ruf (baik dalam arti Sikaf), dan Ihsan (baik dalam arti semua aktivitas selalu merasa di awasi oleh Allah SWT).

Semua harus familiar dengan digitalisasi. Ke depan penceramah atau dosen fungsinya berkurang, karena manusia dihadapkan dengan artificial intelligence. Karena itu, dosen diharapkan selalu menggunakan internet sebagai sarana dalam menyebarkan pesan-pesan agama Islam. Media sosial sebagai sarana berdakwah di era yang didominasi oleh ketergantungan terhadap internet, urainya.

(HUMAS)