Silaturrahim akbar Forum Mahasiswa Binaan (FMB) UMI dibuka oleh Rektor UMI Prof.Dr.Hj. Masrurah Mokhtar,MA di lantai 2 Masjid Kampus 2 UMI (21/9), ditandai dengan pemasangan jaket uniform FMB secara simbolis kepada 2 mahasiswa binaan UMI.

Hadir Kapus Dakwah LPMD UMI Drs.Musyafir Thahir,M.Si, Pembina FMB LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad,MA, para Wakil Dekan IV UMI, sejumlah dosen dan 300an mahasiswa binaan dan tahfiz UMI.

Rektor UMI dalam sambutannya menyatakan bahwa mahasiswa binaan UMI dibawah pembinaan LPDKI dan Wakil Dekan IV Bidang Kampus Islami mendapatkan beasiswa selama kuliah di UMI dengan syarat menghafal Al-Qur’an minimal 1 juz. Selain itu, mahasiswa binaan juga berkesempatan mendapatkan beasiswa lainnya, seperti; beasiswa bidik misi jika menunjukkan prestasi yang membanggakan.

“Pimpinan UMI sangat menghargai mahasiswa yang berprestasi dengan pemberian reward berupa beasiswa, bahkan tahun lalu mahasiswa yang berprestasi telah diberi hadiah Umrah Gratis oleh YW UMI. Namun sebaliknya jika ada mahasiswa yang melanggar aturan juga akan diberikan sanksi (punishment) yang tegas,” ujarnya.

Untuk itu dengan tegas Rektor meminta mahasiswa binaan UMI untuk mengikuti segala ketentuan dan aturan yang ditetapkan di UMI, khususnya mahasiswa binaan UMI untuk menghafal Al-Qur’an minimal 1 juz. Dikatakan pula, agar mahasiswa binaan dapat menjadi agen perubahan, sebagaimana firman Allah yang artinya “Allah tidak merubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak berusaha merubah nasibnya sendiri”.

Kepala Pusat Dakwah LPMD Drs.Musyafir Thahir, M.Si mengharapkan mahasiswa binaan UMI untuk memanfaatkan waktu dengan baik, sebagaimana disinggung Allah dalam Al-Qur’an surah Al-Ashri, diharapkan pula mahasiswa untuk banyak berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan kampus, namun tidak terlalu larut dalam organisasi kampus dan melupakan kuliah sebagai tujuan pokok. Untuk itu, pihak LPMD UMI akan memantau setiap semester perkembangan akademik mahasiswa binaan UMI.

Pembina FMB LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, MA dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas antusiasme dan semangat mahasiswa binaan UMI untuk berkreasi dan beraktifitas di dalam kampus UMI, sehingga diharapkan ini menjadi bekal memperoleh keterampilan dan ilmu pengetahuan menuju masa depan yang lebih cerah. Dikatakan pula, mahasiswa binaan UMI memiliki kewajiban untuk menghafal Al-Qur’an dan menyetor hafalannya di kantor LPDKI UMI minimal sekali dalam seminggu.

“Setiap bulan diharapkan hadir dalam acara Silaturrahim, Lailatul Muhasabah dan Zikir Akbar yang dilaksanakan LPDKI UMI,” jelasnya.

Ketua FMB UMI Riswan, menyatakan tujuan Silaturrahim Akbar ini, selain untuk menyambut dan menerima mahasiswa baru anggota FMB, juga sebagai ajang silaturrahim antara mahasiswa binaan, dosen, pembina dan pimpinan UMI, agar tercipta suasana keakraban dan kekeluargaan. Kegiatan ini berlangsung sehari dan terus akan dilaksanakan sekali dalam sebulan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!