Hari Raya Idul Adha dimanakan Idul Qurban karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti qurban untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, kita menyembelih hewan qurban lalu membagikannya kepada fuqara wal masakin, hal ini disampaikan Prof. Dr Basri Modding SE MSi mengawali khutbahnya pada   pelaksanaan  Hari Raya Idul Adha (22/8) di Masjid Al Adawiyah Kompleks UMI Jl.Prof. Dr. Abdurrahman A.Basalamah.

Basri Modding, SE MSi dalam khutbahnya menceritakan sejarah islam, perintah Allah terhadap Nabi Ibrahim untuk menempatkan istri dan anaknya di suatu lembah yang tak berpenghuni, Nabi Ibrahim melaksanakannya sebagai wujud  ketaatan atas perintah Allah SWT demikan pula tatkala  Nabi Ibrahim mendapatkan ujian berat dengan diperintahkanya untuk menyembelih putranya.Hal ini tidak menggoyahkan keimanannya. Baginya,kekayaan dan keluarga tidak membuatnya lalai melainkan ia tetap taat kepada Allah SWT.

Kesan atau i’tibar dari idul adha, hendaknya kita sebagai orang tua mempunyai upaya kuat membentuk anak yang shalih/shaliha,  menciptakan pribadi anak yang agamis, anak yang berbakti Allah dan Rasulnya dan kepada orang tua, kedua, perintah dan ketentuan yang telah digariskan oleh Allah harus dilaksanakan, harus disambut dengan sami’na wa ‘atha’na, karena sesungguhnya ketentuan Allah pastilah manfaatnya kembali kepada kita sendiri, upaya syaitan yang terus menganggu kita untuk membangkang dari ketentuan Allah, harus dilawan dengan perbanyak zikir dan amalan yang  selalu mengingatkan kita  Allah dan menjauhi bujuk rayu syaitan yang merupakan musuh yang nyata, dan keempat jenis sembilhan berupa binatang ternak, artinya dengan matinya hewan ternak,  maka kita buang kesombongan kita, kita buang hawa nafsu hewaniyah, kita harus kendalikan hawa nafsu kita, jangan biarkan tumbuh subur dalam hati, tegas Direktur PPs UMI ( 2014-2018) ini.

Nampak hadir jamaah shalat Id, Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI, HM Mokhtar Noer Jaya, Wakil Rektor I UMI, Dr Ir Hanafi Ashad MT, Ketua LPMD Prof. Dr. H Ahmad Gani Msi, Dekan Fak.Pertanian Anas Boceng MP,  Pengurus Yayasan Al Adawiyah Dr. APU.Kadir Ahmad MS, jamaah Majelis Taklim Muslimat UMI dan Warga Kompleks UMI Blok G.H.I.

(Humas UMI)