Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA melepas peserta KKN Program Pengabdian pada Masyarakat Desa (PPMD) UMI periode II tahun 2012/2013, Jumat 30 Agustus 2013 di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI.

Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah UMI (LPMD) Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MSi mengatakan bahwa KKN PPMD UMI merupakan KKN yang dikelola sendiri oleh UMI dengan menempatkan mahasiswa pada desa binaan UMI.
KKN ini bertujuan memberi pendidikan kepada mahasiswa dan sekaligus dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.
“Karena itu PPMD memiliki arah yang ganda yaitu memberikan pendidikan pelengkap kepada masyarakat dan membantu masyarakat melancarkan pembangunan di lokasinya masing-masing,” ungkapnya.

Jumlah peserta KKN PPMD sebanyak 1070 orang ditempatkan di enam (6) kabupaten yaitu Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Luwu Timur, dengan 10 kecamatan dan 70 desa. Mereka akan berada di lokasi selama 40 hari.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA juga menambahkan bahwa sebelum berangkat ke lokasi KKN harus mempersiapkan diri, baik fisik maupun mental.
“Dimanapun ditempatkan, harus beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungannya,” tegas ibu Rektor.

Ibu Rektor juga berpesan agar mahasiswa menjadi duta-duta UMI yang dapat menjadi pelopor pembangunan di desa dengan mengembangkan potensi yang ada di desa dimana mereka ditempatkan.

Selama berada di lokasi KKN, mereka harus tetap menjaga citra dan nama baik UMI, dan memberikan suri tauladan dan contoh yang baik dalam berinteraksi dengan masyarakat.

“Jadilah duta-duta UMI yang dapat diteladani dan dapat membantu masyarakat, bukan sebaliknya menjadi beban bagi masyarakat,” tambahnya.

Pelepasan KKN PPMD UMI dihadiri para wakil rektor, pimpinan fakultas dan lembaga dalam lingkup UMI serta para suvervisi.

Pemberangkatan ke lokasi dijadwalkan pada tanggal 3 September untuk Kab. Bantaeng, Jeneponto dan Maros berangkat jam 08.00 WITA sedangkan Kab. Takalar dan Gowa jam 11.00 WITA. Khusus di Kec Bangkala Kab Jeneponto diberangkatkan tanggal 4 September jam 08.00.
Semua peserta KKN di berangkatkan dari Kampus I UMI Jl. Kakatua menuju ke lokasi.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!