Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kembali melahirkan  Doktor  di bidang Ilmu Manajemen. Gelar Doktor dengan predikat Sangat Memuaskan kepada H. Ruslan Hamid  diberikan setelah mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Layanan, Nilai Bagi Nasabah dan Harga Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI di Sulawesi Selatan” di Aula Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar,  Selasa (22/11/2011).

Ujian Sidang Promosi dipimpin oleh Rektor UMI Prof. Dr.Hj. Masrurah Mokhtar, dengan Promotor  Prof.Dr.H. Basri Modding, SE.,M.Si, Ko-Promotor Prof.Dr.Hj.Jeni Kamase, SE.,M.Si, dan Dr. Muchlis Sufri, SE.,M.Si serta tim Penguji/Penilai masing-masing Prof.Dr.Hj. Siti Haerani, SE.,M.Si, Prof.Dr.H. Salim Basalamah, SE.,M.Si, Prof.Dr.H. Mahfud Nurnajamuddin, SE.,MM, Dr. R. Sudirman, SE.,M.Si, dan Prof.Dr. Sufirman Rahman, SH.,MH.

H. Ruslan Hamid, Auditor BRI Cabang Somba Opu dan dosen STIE Makassar mengungkapkan bahwa secara garis besar BRI dalam Operasionalnya sama halnya dengan Bank umum lainnya, yaitu menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan (Financial Intermediary), kemudian fungsi lainnya adalah menyalurkan dana pihak ketiga kedalam bentuk fasilitas pinjaman, khususnya pada semua unit kerja operasional BRI. Nasabah yang loyal terhadap Bank BRI sekalipun belum tentu merasa puas atas layanan yang diterima, namun loyal disebabkan karena adanya hubungan emosional, kekeluargaan dan kekerabatan, antara para pekerja/karyawan Bank BRI. Kualitas produk, kualitas layanan, nilai bagi nasabah dan harga produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan Bank BRI di Sulawesi Selatan. Dan berpengaruh langsung maupun tidak langsung dan signifikan  terhadap loyalitas nasbah tabungan Bank BRI di Sulawesi Selatan melalui kepuasan nasabah, serta kualitas produk memberi pengaruh besar terhadap loyalitas nasabah. 

(Humas UMI)

error: Content is protected !!