Puasa Ramadhan hari ketiga tepatnya Hari Rabu 08 Mei 2019, Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. membawakan Kultum didepan civitas akademika di Mushalla Menara UMI Lt.10.
Prof. Basri Modding menyampaikan pentingnya Puasa Lisan, Pendengaran, Mata dan Hati. Ketahuilah bahwa tidak ada kata-kata yang keluar dari mulut kita yang tidak tercatat oleh roqib dan atid. Oleh karena itu kita dianjurkan menjaga lisan kita dengan kata-kata yang tidak baik. Salah satu hadist Nabi SAW yang diriwayatkan Bukhari yang artinya “Siapakah yang tidak beruntung di akhirat nanti yaitu mereka yang tidak menjaga lisannya”.
Surga di dunia adalah hadirilah majelis taklim. Ketahuilah bahwa menghadiri majelis taklim, pengajian adalah mengunjungi taman-taman surga. Karena di tempat tersebut kita mendengar hal-hal yang baik yang akan mengantarkan kita mengumpulkan pahala.
Lanjut dikatakan, kita setiap saat harus menundukkan pandangan kita dari hal-hal yang dapat menimbulkan maksiat agar selamat di dunia dan akhirat. Hal ini dimaknai puasa mata.
Guru Besar Fakultas Ekonomi UMI ini menambahkan puasa hati diawali dengan menguraikan pengujian jiwa, yaitu pendekatan kepada Allah swt dengan banyak berzikir. Insya Allah orang yang selalu mengingat Allah maka Allah akan dekat padanya, semoga kita semua termasuk hambanya yang dekat denganNya. amin

(HUMAS)