Mengembangkan  minat bakat mahasiswa,  menguatkan kerjasama,  saling menghargai, percaya diri, tanggap dengan lingkungannya, terlebih di era distruption saat ini  serba cepat, tepat waktu, maka kehadiran salah satu cabang olahraga gateball menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut, hal ini disampaikan Rektor UMI Prof.Dr. Hj Masrurah Mokhtar MA dalam sambutannya pada peresmian pembangunan lapangan Gateball yang terletak depan fakultas Ekonomi Kampus 2 UMI (24/2).

Hadir  Ketua Umum Pergatsi Sulsel, Ir. H. Nurdin Samaila, MSi., Sekertaris Pergatsi Sulsel,  Ir. Iskandar Arsyad, Sekum Pergatsi Makassar, Ir. Ikhwan Syamsuddin, keduanya alumni Fak. Teknik UMI, Sekretaris Yayasan Wakaf UMI Dr. Ir. H.Lambang Basri, MT., Wakil Rektor II Bidang SDM dan Keuangan  UMI, Dr.Ir.H.A. Dirgahayu A.Lantara MT.,IPU., Asean.Eng., Dekan Fak. Teknik UMI, Dr. Ir. Hanafi Asaad, MT., Ketua Panitia Pembangunan Ir. Mukti Maruddin MT., yang juga Wakil Dekan III Fak. Teknik UMI.

Masrurah menambahkan, meskipun olahraga Gateball, salah satu jenis olahraga yang baru namun saya melihat prospek olahraga ini akan banyak diminati khususnya mahasiswa karena selain melatih berpikir cepat dan bertindak tepat juga pemainnya bisa refresh. Jadi tidak hanya melatih konsentrasi tapi juga salah satu cara penghilang stress.

“Saya berterima kasih dan apresiasi perhatian kepada alumni. Pembangunan lapangan Gateball di kampus UMI pertama di seluruh Indonesia, hal ini tidak terlepas dari peran dan sumbangan alumni khususnya alumni Fak.Teknik UMI dalam mendukung program Pimpinan Universitas dalam pengembangan kreatifitas, minat dan bakat mahasiswa, ujat Ketua Umum BKS PTIS se Indonesia ini.

Sementara Ketua Umum Pergatsi Sulsel Ir. H. Nurdin Samaila, M.Si., memberi apresiasi dan salut terhadap perhatian pimpinan universitas dalam upaya memfasilitasi wadah atau media pengembangan kreatifitas khususnya kesediaan UMI menyiapkan lahan untuk pembangunan gateball yang merupakan pertama di seluruh Indonesia. Di beberapa kampus, olahraga ini dilaksanakan namun masih menggunakan lapangan sepak bola atau lapangan volly, ujarnya.

Nurdin dalam kesempatan tersebut juga memperkenalkan jajaran pengurus inti Pergatsi baik provinsi Sulsel maupun Kota Makassar yang umumnya alumni Fak.Teknik UMI.

Nurdin juga dalam sambutannya memperkenalkan secara singkat olahraga Gateball. Olahraga ini salah satu jenis cabang pertandingan yang akan diperlombakan di PON XX di Papua nanti dengan 11 nomor yang dipertandingkan. Berbeda dengan cabang olahraga lainnya, hanya satu nomor. Karena itu, pemerintah tentu sangat memperhatikan pembinaan olahraga Gateball. Karena selain peluang meraih juara juga pembiayaan olah raga ini sangat kecil olahraga lainya. Olahraga gateball juga sudah masuk jenis olahraga Internasional. “Saya berharap atlet Indonesia gateball akan lahir di kampus UMI dan ikut even di Brazil Tahun 2019, ujarnya mendapat sambutan dengan ucapan amin dari hadirin. UMI bisa mewakili Sulsel Tournamen di Brasil 2019,” ujar Nurdin optimis.

(Humas UMI)