Saat ini kita sedang menjalani era Revolusi Industri 4.0, dan tidak lama lagi kita akan hadapi era 5.0. Di Jepang, beberapa waktu lalu sudah diluncurkan Society 5.0. Sebagai kampus Unggul, kita harus beradaptasi untuk menghadapi era 5.0.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. H. Basri Modding, M.Si. dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Akreditasi Program Studi (APS) 4.0. Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, serta Ketua Program Studi dalam lingkup UMI di Aula Aisyah, Gedung Fakultas Kedokteran UMI Lt. 2, Selasa (13/8)

Prof. Basri Modding menambahkan perlunya menyiapkan mahasiswa dan lulusan dengan beberapa kompetensi. “Kompetensi yang pertama yakni membekali dengan kepemimpinan. Sehingga, mahasiswa dan lulusan mampu beradaptasi dan memiliki karakter yang kuat,’ ungkapnya.

Lanjutnya, keterampilan berbahasa. “Tentu kebutuhan mahasiswa dan lulusan memasuki dunia kerja adalah keterampilan berbahasa asing, utamanya bahasa Inggris. Selain itu, penerimaan dosen perlu mempertimbangkan kemampuan berbahasa Inggris secara aktif”, ungkapnya.

Kompetensi yang ketiga yakni literasi teknologi informasi. “Ciri utama dari revolusi industri adalah penguasaan teknologi informasi. Sehingga, literasi IT merupakan kompetensi yang perlu dimiliki dan diaplikasikan dalam proses akademik”, paparnya.

Keterampilan menulis merupakan kompetensi keempat dalam menghadapi era 5.0 yang perlu dimiliki. “Menulis merupakan keterampilan yang perlu dioptimalkan untuk menuangkan ide dan gagasan, serta mendiseminasikan inovasi baru yang bermanfaat bagi pengembangan kampus”, tuturnya.

(HUMAS)