UMI Makassar – Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare Drs. Syarifuddin Yusuf, M.Si resmi bergelar Doktor dalam bidang Ilmu Manajemen setelah berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Kompetensi Fungsional dan Pengaruhnya terhadap Strategi Bisnis dan Kinerja Bank Syariah di Makassar” bertempat di Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (31/10).

Ujian Sidang Promosi dipimpin langsung Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA.

Syarifuddin mengungkapkan dari hasil penelitiannya di depan dewan penguji bahwa salah satu tujuan penelitiannya adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi operasional, kompetensi pemasaran, dan kompetensi inovasi terhadap strategi bisnis dan kinerja Bank Syariah di Makassar.

Dari hasil penelitiannya menunjukan bahwa kinerja bank syariah di Makassar belum dapat ditingkatkan dengan kompetensi operasional, kompetensi pemasaran, kompetensi inovasi, dan strategi bisnis selama belum menjalin kerjasama dengan bank konvensional, belum melakukan inovasi penambahan segmentasi pasar dengan aplikasi mudharabah melayani juga barang kebutuhan modal lainnya, dan belum ada link pembentukan syariah pada unit usaha yang didanai dan belum membentuk komuniti syariah, serta terhambat oleh kantor layanan untuk menjangkau semua wilayah segmentasi layanan syariah, dan jumlah karyawan yang terbatas yang belum mendukung strategi perusahaan.

Kinerja bank syariah di Makassar hanya dapat diperkuat oleh kompetensi inovasi jika dijalankan penguatan kompetensi secara simultan. Strategi bisnis bank syariah di Makassar dapat diperkuat oleh kompetensi operasional, pemasaran dan inovasi karena telah melakukan layanan biaya rendah, dengan memberlakukan bebas biaya administrasi, bebas biaya transfer, dan bebas biaya lainnya, dan tetap berdasar pada pola dasar yang masih bernuansa pengenalan syariah serta keunggulan syariah.

Tidak ada penguatan kompetensi operasional, pemasaran dan inovasi terhadap kinerja perusahaan melalui strategi bisnis, karena lemahnya upaya manajemen untuk menarik dana nasabah dan upaya penyaluran dana melalui beberapa objek yang akan didanai, aplikasi startegi penyaluran dana melalui beberapa objek yang akan didanai, aplikasi staretgi diferensial belum memberikan keunggulan bersaing, dan secara manajemen belum meminta lembaga lain untuk memberikan masukan.

“Oleh sebab itu, disarankan untuk implementasi peningkatan kinerja bank syariah dengan meningkatkan profesionalisme layanan, mengembangkan segmentasi pasar dan produk yang lebih terbuka dalam inovatif memenuhi kebutuhan dan pola usaha nasabah yang sesuai keunggulan system syariah,” jelasnya.

Acara dihadiri Sekretaris Majelis Dikti PP Muhammadiyah Drs. Safar Nasir, M.Si, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Dr. Alwiuddin, H.M. Yunus Kadir, Para Rektor, Ketua Sekolah Tinggi, dan Direktur Akademi Muhammadiyah Sulsel, serta para Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare beserta Ketua Lembaga dan keluarga besar Civitas UMPAR.

Syarifuddin Yusuf dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Manajemen UMI yang ke-72.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!