UMI Makassar – Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Dr. Anis Malik Thoha melakukan kunjungan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Pangkep, diterima oleh Wakil Rektor IV UMI, sekaligus Direktur Pesantren Darul Mukhlisin UMI Drs. H. M. Zain Irwanto, M. Ag, Kamis 18 Maret 2015.

Rektor Unissula Semarang Dr. Anis Malik Thoha mengatakan, model pendidikan karakter bagi mahasiswa UMI dengan model pesantren sangat mengagumkan, karena dilakukan dengan sistematis. Shalat dilakukan secara berjamaah, dilanjutkan dengan zikir dan tadarrus alquran, jika kegiatan ini dibiasakan terus menerus, maka dampaknya sangat dahsyat sekali.

Cita-cita untuk membangun generasi khaera ummat dan generasi yang dicita-citakan untuk membangkitkan kembali peradaban Islam, maka salah satu model pendidikan karakter berbasis pesantren yang dilaksanakan oleh UMI, perlu ditiru dan diikuti oleh lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia.

“Berdasarkan pengalaman saya yang bergelut di dunia pendidikan, terus terang baru kali ini saya mendapatkan model pendidikan karakter yang demikian sistematis”, ungkapnya.

Wakil Rektor IV UMI, juga Direktur Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Drs. H. M. Zain Irwanto, M.Ag mengatakan, Alhamdulillah pesantren ini sudah banyak dikunjungi oleh pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia, bahkan beberapa tokoh agama dari Mesir dan Amerika Serikat, juga datang untuk melihat model pendidikan yang diterapkan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, mereka merasa senang dan gembira dengan model pendidikan yang diterapkan.

“Selama mahasiswa berada di dalam lingkungan pesantren mereka diarahkan pada standarisasi aspek spritualitas dan pembinaan akhlaq sehingga ketika menerima ide-ide yang berbasis rasioanalitas tanpa harus meninggalkan basis spritualitasnya. Konsep pencerdasan yang dikembangkan adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan moral, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual. Tiga kecerdasan tersebut letaknya ada di qalbu atau hati,” jelasnya.

Pada kesempatan kunjungan tersebut Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Dr. Anis Malik Thoha bermalam di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, dan berbaur dengan mahasiswa, mulai shalat malam (lail) jam 03.00 subuh dilanjutkan tadarrus alquran, zikir, shalat shubuh dan mengikuti penutupan Pencerahan Qalbu mahasiswa UMI Fakultas Hukum, Pertanian, Perikanan dan Agama Islam angkatan 15 gelombang 15 tahun 2015 yang diikuti sebanyak 555, dilanjutkan dengan kunjungan di lingkungan pesantren didampingi Wakil Rektor IV UMI Drs. H. M. Zain Irwanto, M.Ag dan dosen Pembina pesantren.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!