Lebih 1000an mahasiswa (I) UMI mengikuti lailatul muhaasabah (malam introspeksi diri) di Masjid kampus 2 UMI (14/6).

Hadir Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, MA, Dekan Fak.Agama (FAI)UMI Drs.H.M.Hasibuddin,MA, Dekan Fak.Teknologi Industri (FTI) M.Yaqub,ST,MT., Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA, para Wakil Dekan UMI, sejumlah dosen dan seribuan mahasiswa (I) UMI.

Masrurah dalam sambutannya mencanangkan Program Lailatul Muhaasabah ini sebagai program lanjutan Pencerahan Qalbu UMI Padanglampe yang insya Allah akan dilakukan setiap malam Jum’at di Masjid Kampus 2 UMI dengan berzikir dan introspeksi diri. Dikatakan pula banyak sekali manfaat zikir, yang bukan hanya berguna bagi mahasiswa tetapi juga bermanfaat untuk dosen, dan lembaga UMI untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.

“Setiap shalat malam, Seluruh mahasiswa (I) UMI didoakan agar selalu selamat di dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Selain lailatul muhaasabah, perlu juga dilaksanakan shalat dhuha berjamaah saat pagi hari di Masjid Kampus 2 UMI sebelum beraktifitas, terutama untuk syiar pengembangan kampus Islami di masa yang akan datang.

Dekan FAI Drs.H.M.Hasibuddin,SS,MA menyatakan kegiatan ini akan dijadikan contoh pendidikan karakter seluruh PTN/PTS di Indonesia. Perpaduan fikir dan zikir akan menjadi  bekal yang baik untuk menjadi pemimpin di masa depan. Selain itu, malam introspeksi diri seperti ini untuk melihat apa yang telah dilakukan pada masa lalu dan apa yang akan dilakukan pada masa yang akan datang.

Sementara itu Dekan FTI UMI Ir.M.Yaqub,MT menyatakan semoga kegiatan ini berberkah dalam kehidupan kita.

“Marilah momentum malam ini digunakan untuk menebalkan iman sehingga kita mendapatkan rahmat dari Allah SWT sehingga UMI akan lebih cemerlang ke depan, ” ajaknya.

Wakil Dekan IV Fak.Teknik UMI Dr.H.M.Shaleh Suratmin,M.H menyatakan sangat terharu melihat mahasiswa yang menjadi harapan orang tua. Dikatakannya mengapa lailatul muhaasabah dipilih pada malam jum’at, karena jum’at merupakan imamnya hari. Dijelaskan Ibnu Qayyum Jum’at merupakan tempatnya Allah menurunkan berkah dan do’a makbul.

Wakil Dekan IV FIK Dra.Hj.Jamiah Tompo,MH, menyatakan bahwa malam ini adalah kesempatan mensucikan jiwa menjelang bulan Ramadhan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!