UMI Makassar – Roadshow Seminar Asuransi Syariah bertemakan “Meningkatkan Daya Saing Industri Asuransi Syariah Indonesia Ditengah Persaingan Global” berlangsung di Auditorium Al-Jibra Kampus 2 UMI, Kamis, 5 Desember 2013.

Roadshow ini terselenggara atas kerjasama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sulsel dan Fakultas Ekonomi UMI. Tampil sebagai pembicara dalam seminar antara lain Priyono (Direktorat Industri keuangan Non Bank otoritas jasa keuangan), Abd Chalik (Head of Sharia Allianz life Indonesia) dan Azharuddin Lathif (pengurus pusat MES).

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya sekaligus membuka seminar secara resmi mengatakan bahwa jasa keuangan yang berbasis syariah harus berani melakukan inovasi.

“Bukan hanya perbankan dan asuransi syariah tetapi juga masih banyak kegiatan keuangan masyarakat yang perlu dilakukan dengan basis syariah, seperti sistem penggajian dengan basis syariah,” ungkapnya.

Ketua MES Sulsel Dr. Muhlis Sufri, SE, MSI dalam sambutannya juga menyatakan bahwa seminar ini diharapkan dapat lebih memasyarakatkan keuangan syariah kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih memahami perbedaan antara keuangan berbasis syariah dengan konvensional, termasuk asuransi. Apalagi masyarakat Indonesia mayoritas Muslim.

Seminar ini diharapkan dapat menciptakan dan membangun akses keuangan berbasis syariah di dalam masyarakat. Untuk itu, diperlukan informasi yang jelas apa kelebihan jasa keuangan yang berbasis syariah dibanding yang konvensional, sehingga masyarakat lebih tertarik menggunakan jasa keuangan syariah.

Seminar ini dihadiri Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama UMI Prof Dr Ir H Abdul Makhsud, DEA,  Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Sulsel Dr. Mukhlis Sufri, SE. MSi, perwakilan jasa asuransi syariah di Makassar,  dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!