Berdasarkan Undang-Undang  RI No. 20 th 2013 bahwa perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kedokteran wajib memiliki rumah sakit pendidikan, sedangkan rumah sakit pendidikan bisa dipenuhi jika rumah sakit tersebut terakreditasi paripurna.

Atas dasar tersebut sebagai langkah awal RSIGM FKG UMI menyelenggarakan kegiatan pra lokakarya akreditasi Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM).

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMI Prof. drg. Moh. Dharmautama, Sp. Pros (K)., Ph.D menyatakan bahwa FKG UMI baru saja melakukan proses akreditasi Fakultas, smoga hasilnya sesuai dengan harapan kita semua. Kegiatan pralokakarya akreditasi RSIGM ini bertujuan untuk menjaga semangat akreditasi yang melibatkan semua staf dan DPK RSGM sebagai tim pelaksana akreditasi.

Pralokakarya ini memberikan gambaran kepada seluruh peserta mengenai pentingnya akreditasi dan standar pelayanan minimal yg bermutu kepada masyarakat, dan ini sangat cocok buat RSIGM FKG UMI yang baru saja didirikan.

Lebih lanjut Dekan FKG UMI menyampaikan kepada Dirut RSIGM yaitu drg. Nurfadhilah Arifin, M.Kes segera melapor ke Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (ARSGMP) perihal kesiapan RSIGM UMI proses akreditasi SNARS.

Sebagai pemateri kegiatan ini adalah dr Nila Mayasari., M.Kes., Sp.KFR dari Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dirut RSGM Unhas drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp. BM(K), Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), drg. Adam Malik Hamudeng, M.MedEd sebagai wadir I RSGM Unhas. Hadir pula Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si dan Ketua Yayasan Wakaf UMI yang diwakili oleh sekretaris pengurus YW UMI Ir. H.  Lambang Basri, MT. Ph.D yang bertindak sebagai pemilik dan pemangku kebijakan dalam lingkup UMI menyatakan siap mendukung proses pencapaian akreditasi RSIGM UMI.

Diundangnya narasumber dari FKG Unhas sebagai satu bentuk implementasi kerjasama antara FKG UMI dan FKG Unhas, disamping itu karena RSGM Unhas baru saja mendapat penghargaaan sebagai RSGM dengan sistem tata kelola terbaik di Indonesia dalam kegiatan konferensi Nasional RS Pendidikan sehingga diharapkan RSIGM UMI mampu mencapai akreditasi paripurna seperti RSGM Unhas.

Acara pra lokakarya ini diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama Mendukung RSIGM FKG UMI dalam Pencapaian Akreditasi RS oleh pimpinan Universitas, pemangku kebijakan YW UMI, Dekan FKG UMI, Direktur RSIGM FKG UMI dan seluruh civitas RSIGM UMI.

(HUMAS)