Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar promosi dan pengukuhan Doktor bagi Azlan Azhari, SE.,MM. Sidang di tengah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) ini berlangsung virtual, Kamis (21/5/2020). Sidang promosi doktor kali ini dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana UMI Prof. Dr. Baharuddin Semmaila, SE M.Si.

Dengan demikian, Azlan Ashari resmi menyandang gelar Doktor Ilmu bidang Managemen dengan umur yang masih muda yakni 28 tahun.

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia ini merupakan Alumni UMI sejak program sarjana hingga magister, dan terbaru adalah doktor, hal ini disampaikan Ketua Program Studi Doktor Manajemen PPs UMI, Prof. Dr. Hj. Jeni Kamase, SE.,M.Si.

Selama meneliti untuk kebutuhan disertasi, Azlan dibimbing langsung oleh Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., M.Si. didampingi Dr. Ilham Labbase, SE., MSi., dan Dr. Annas Plyriadi, SE.,MM.

“Selamat atas gelar doktor yang diraihnya. Semoga ilmunya bermanfaat bagi kemajuan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia,” ungkap Prof. Basri Modding.

“Sebagai dosen di STIE Nobel dan juga melekat almamater UMI sebagai alumni, visi UMI Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah, dan Akhlaqul Karimah harus tetap dijunjung tinggi,” sambung Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Dalam disertasinya, Azlan mengambil judul riset ‘Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Etika Bisnis terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit di Kota Makassar’.

Meski masih terbilang muda, Azlan telah sukses menerbitkan dua karya ilmiah jurnal terpublikasi diantaranya Effect of Service Quality on Costumer Satisfaction in PT. Pawnshop Syariah Tempe Unit Wajo District. International Journal of Management Progress tahun 2019 dan The Effect of Quality of Service, Image, and Business Ethics on Satisfaction and Loyality of Patients in Hospital in Makassar City (Jurnal Intermasional) tahun 2020.

Penelitiam ini mengambil tiga tujuan sebagai berikut, pertama untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra, etika bisnis tehadap kepuasan pasien.

Kedua adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra, etika bisnis tehadap loyalitas pasien, dan ketiga yakni untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien, dan terakhir adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh tidak langsung kualitas layanan, citra, dan etika bisnis terhadap loyalitas pasien melalui mediasi kepuasan pasien.

(HUMAS)