UMI Makassar – Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMSI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar gelar pelatihan Mendeley di Aula Fakultas Sastra, Kampus II UMI, Sabtu, 19 Desember 2015. Hal ini disampaikan Fajrial Arfandi, Ketua Panitia saat ditemui di lokasi event.

Arfandi, demikian sapaan akrabnya, mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk membantu mahasiswa Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris terutama mahasiswa semester lima (5) dan tujuh (7) dalam melakukan penulisan ilmiah seperti pada penulisan skripsi.

mendeley2

“Saat ini, penulisan ilmiah seperti skripsi tengah dihadapkan dengan fenomena plagiarism, dan dengan diadakannya pelatihan Mendeley ini, maka tentu saja akan sangat membantu mahasiswa yang tengah menempuh penulisan skripsi,” tambahnya.

“Mendeley adalah suatu software yang digunakan untuk memeriksa plagiarisme dan sangat membantu mahasiswa dalam menemukan referensi terkait dengan tulisannya,” ungkapnya.

Andi Anto Patak selaku narasumber yang juga merupakan dosen salah satu PTN di Makassar mengatakan, bila software Mendeley ini sudah diterapkan di Universitas, maka akreditasinya bisa meningkat.

Dra.A.Hudriati, M.Hum sebagai pengagas kegiatan ini mengatakan, sangat  mengapresiasi kerja panitia dalam mensukseskan kegiatan ini yang selalu berkoordinasi dengan baik dengan pihak jurusan dan fakultas. Pelatihan Mendeley ini dihadirkan, untuk membantu mahasiswa, terkhusus mahasiswa sastra Inggris & Pendidikan Bahasa Inggris dalam mencari referensi dan menghindari adanya plagiatan dalam penulisan skripsinya.

Turut hadir, Ketua jurusan Sastra Inggris Dra. A.Hudriati,M.Hum, ketua jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Irmawaty Hasyim,S.S.,M.Hum, dosen dalam lingkup jurusan Sastra & Pendidikan Bahasa Inggris, ketua senat (BEM) Muh. Rahmat Eka S, ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMSI) Syafri Arifuddin, ketua Himpunan Pendidikan Bahasa Inggris (HMPBI) Syaiful Ahmad dan peserta yang berasal dari semester 5 dan 7 jurusan sastra & pendidikan Bahasa Inggris.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!