Sekjur Akuntansi UMI Raih Doktor Ilmu Ekonomi

UMI Makassar – Asriani Junaid, SE, MSi, Ak, CA dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu Ekonomi, pada ujian promosi doktor dengan predikat Sangat Memuaskan setelah mempertahankan disertasi yang berjudul ‘Akuntabilitas : Refleksi Simbol dan Kekuatan Identitas Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Ideologi’ dihadapan Tim Penilai yang diketuai Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis Unhas Prof. Dr. Gagaring Pagalung, SE, MS, Ak, CA.

Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. I Made Sudarmna, SE, MM, Ak sedang co Promotor Dr. Abdul Hamid Habbe, SE, MSi dan Dr. Syarifuddin, SE, Ak, M. Soc. SC, MSi. Sedang Penilai Eksternal Dr. M. Wahyuddin Abdullah, SE, Ak, MSi. Penilai lain adalah Dr. Mediaty, SE, Ak, MSi, CA, Dr. Kartini, SE, Ak, MSi, CA, Dr. Alimuddin, SE, Ak, MM. Drs. Haryanto, M. Com, Ph.D dan Drs. Sumardi, SE, MSi. Ujian promosi doktor dilaksanakan di ruang promosi doktor lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Tamalanrea, Makassar Selasa, 29 Desember 2015.

dr des1 (2)

Asriani Junaid dalam pemaparannya di depan Tim Penilai mengatakan, di Indonesia banyak muncul dan berkembang lembaga-lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi swasta yang berbasis ideologi. Hal ini dapat dipahami, selain sebagai upaya untuk turut serta dalam mencerdaskan bangsa, juga untuk menghadirkan pengelolaan perguruan tinggi yang sesuai dengan spirit dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.

Output yang diharapkan dari perguruan tinggi bukan hanya sumber daya manusia yang berkualitas dan siap kerja, tapi lebih dari itu, menjadi agen-agen bangsa yang sanggup mengelola dan mengarahkan perubahan. Sehingga pengelolaan sebuah institusi perguruan tinggi tidak mungkin dapat disamakan dengan pengelolaan sebuah negara maupun korporasi.

Pengelolaan perguruan tinggi berbasis ideologi agama sarat dengan pemaknaan simbol dan kekuatan identitas. Jika pemaknaan simbol dan kekuatan identitas dimasukkan dalam unsur pengelolaan perguruan tinggi, maka seharusnya terjadi  implikasi pada orang-orang yang terlibat dalam pengelolaannya, sehingga berimplikasi  pada perilaku, tindakan, prestasi, dan kinerja.

Saran peneliti adalah bagi perguruan tinggi swasta berbasis ideoiogi, penting menghadirkan nilai-nilai pemaknaan simbol dan kekuatan identitas dalam mengukur kinerja dan akuntabilitas. Mengukur kinerja sebaiknya menyeimbangkan antara kinerja spiritualitas dengan kinerja performa, demikian pula dengan akuntabilitas, sebaiknya menyeimbangkan antara akuntabilitas publik dengan akuntabilitas ideologi. Dengan demikian terjadi perbedaan dengan perguruan tinggi swasta lainnya.

dr des1 (1)

Ada 5 lokasi yang dijadikan samplel penelitian, yaitu Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Islam Makassar, Universitas Atmajaya Makassar dan Universitas Kristen Paulus Makassar.

Ujian promosi tersebut dihadiri Wakil Rektor I UMI Prof. Dr. H. Syahnur Said, SE, MS, Dekan Fakultas Ekonomi UMI Prof. Dr. H. Bahar Sinring, SE, MSi, beberapa dosen Fak. Ekonomi UMI, serta keluarga.

 

Curriculum Vitae :

Nama : Dr. Asriani Junaid, SE, MSi, Ak, CA

Tempat/Tanggal lahir : Siwa, 22 September 1969

Nama Ayah : H. Muh. Junaid

Nama Ibu : Hj. St. Sahriah

Anak ketiga dari enam bersaudara

Nama Suami : Dr. Darwis Said, SE, MSA, Ak

Nama Anak : 1. Nur Aizah Gian

  1. Nurul Ilmi Ihyani
  2. Anela Manda Arjanty.

 

Status Pekerjaan : Dosen tetap Yayasan Wakaf UMI ditempatkan pada Fakultas Ekonomi UMI

Pendidikan Formal :

SDN Siwa, Wajo

SMPN Siwa, Wajo

SMAN Sengkang, Wajo

S-1 Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

S-2 Universitas Brawijaya Malang

S-3 Universitas Hasanuddin

 

Riwayat Pekerjaan :

1998 – sekarang : Dosen tetap jurusan Akuntansi Fak. Ekonomi UMI

2010 – 2011 : Sekretaris jurusan Akuntansi Fak. Ekonomi UMI

(Humas UMI)

Previous Kultum Nikmat Syukur
Next Siswa SMA Luwu Utara Diberi Pelatihan Karakter

You might also like

Utusan UMI Ikuti 13 Lomba dalam MTQ Nasional antar Mahasiswa

UMI Makassar – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN)  ke 14 tahun 2015 dibuka Sekjen Kemenristek Dikti Prof.  Ainun Naim,  PhD, di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI)  Depok, ditandai dengan

Satu Lagi, Doktor Pertanian UMI Bertambah

UMI Makassar – Hari Senin 30 Januari 2017 tepatnya di aula gedung Ipteks Unhas, salah seorang dosen pertanian UMI Sitti Rahbiah Busaeri berhasil mempertahankan disertasinya di depan penguji dengan judul

Undangan Konferensi Internasional Multidisiplin 2016

Sehubungan dengan Milad UMJ yang ke 61, kami akan menyelenggarakan konferensi internasional multidisiplin yang kedua (2nd IMC) yang insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 November 2016 di