Sekretaris Audit Mutu Internal (AMI) UMI Dr. Surani, S.Ag.,M.Ag resmi raih gelar Doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UMI melalui ujian virtual/online dengan Apl. Zoom, (Sabtu, 16 Mei 2020).

Rani mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Kota Makassar.

Dalam penyusunan disertasinya, Dosen FAI-UMI ini dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. H. Mahfud Nurnajamuddin, SE.,MM, Ko Promotor Prof. Dr. H. Baharuddin Semmaila, SE.,M.Si dan Dr. H. Andi Bunyamin, M.Pd.

Ujian sidang Promosi dipimpin langsung Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si, Adapun bertindak sebagai tim penguji adalah Prof. Dr. H. Abdul Rahman Mus, SE.,M.Si, Prof. Dr. H. Aris Munandar, M.Pd, Prof. Dr. H. Mappanganro, M.A, Dr. H. M. Arfah Shiddiq, MA, dan penguji Eksternal Prof. Dr. H. Ismail Tolla, M.Pd (Guru Besar UNM bidang Administrasi Pendidikan), serta Penguji lintas disiplin ilmu Prof. Dr. Ir. H. Abdul Makhsud, DEA.

Dalam disertasinya Rani mengungkapkan bahwa ada tiga hasil temuan dalam penelitiannya, yakni:

  1. Ditemukan kepemimpinan secara langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru MAN. Kepemimpinan yang diterapkan belum sesuai dengan kepemimpinan Islami yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu; Shiddiq, Tabligh, Amanah, Fathanah, sehingga menyebabkan berpengaruh negatif terhadap kinerja guru pada MAN di Kota Makassar.
  2. Ditemukan motivasi secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru MAN. Ini merupakan wujud motivasi yang diaktualisasikan oleh guru tidak lagi berorientasi pada pemenuhan kebutuhan, karena setiap guru telah terpenuhi kebutuhannya, sehingga membutuhkan motivasi prestasi yang dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja guru MAN di Kota Makassar.
  3. Ditemukan kompetensi secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru MAN. Ini menunjukkan bahwa aktualisasi kompetensi yang dimiliki oleh guru masih perlu ditingkatkan, utamanya yang berkaitan dengan kompetensi penguasaan teknologi untuk meningkatkan kinerja guru MAN.

Sehingga diharapkan, untuk kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru masih perlu ditingkatkan, dengan memberikan pelatihan kepemimpinan yang Islami kepada kepala madrasah sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW bahwa seorang pemimpin harus Shiddiq, Tabligh, Amanah dan Fathanah atau dikenal dengan konsep STAF (sarannya).

Rani yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Mamajang, adalah alumni Doktor Manajemen Pendidikan Islam (DMPI) yang ke-29 dan dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan oleh Pimpinan sidang Prof. Basri Modding yang juga sebagai Rektor UMI Makassar.

(HUMAS)