Makassar, umi.ac.id – Jamaah Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI melaksanakan Shalat Ghaib atas meninggalnya Sekretaris LP2S UMI Dr.Ir.H.Winarno Arifin, MT hari ini di RS Wahidin Sudirohusodo (25/1).

Hal ini dilakukan usai shalat dhuhur, selanjutnya disampaikan Kultum oleh Dr.M.Ishaq Shamad, M.A dengan tema “Menyikapi Mushibah”. Hadir Wakil Rektor IV UMI Dr. KH. M. Zain Irwanto, MA, dan sejumlah jamaah.

M. Ishaq Shamad dalam Kultumnya menyampaikan bahwa kematian adalah ketetapan Allah Swt, setiap yang bernyawa pasti menemui ajal, sebagaimana Allah berfirman “Kullu Nafsin Zaaikatul Maut”.

Selanjutnya disampaikan jika kita kena musibah, maka kita menyikapinya dengan mengucapkan Innalillaahi wainnaa ilayhi raajiun (Sesungguhnya kita berasal dari Allah dan akan kembali kepadaNya), sebagaimana Allah berfirman “Allaziyna Izhaa Ashaabathum Mushiybah Kaaluu Innaa lillaahi wainna ilayhi raajiun”, jelasnya.

Ditambahkan bahwa dalam mengantisipasi musibah dan cobaan, termasuk pandemi covid 19, jangan panik, sebagaimana ungkapan Ibnu Sina “Kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah langkah awal kesembuhan, sebutnya.

Oleh karena itu, menyikapi musibah dengan banyak bersabar dan mengembalikannya kepada Allah SWT. Kita semua mencintai almarhum pak Winarno Arifin, tetapi Allah lebih mencintainya. Untuk itu mari kita ikhkaskan dan relakan sambil mendokan dan mengirimkan Q.S Al faatihah, tutupnya.

(HUMAS)