seminar internasional-1

Seminar International tentang World Class University dibuka oleh Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA Rabu, 04 Januari 2012 di Auditorium Al-Jibra Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar.

Hadir Ketua Yayasan Wakaf UMI H.Muh.Mokhtar Noer Jaya, Sekretaris YW-UMI Ir.H.Lambang Basri, MS, Ph.D., Rektor UMI Prof.Dr. Hj.Masrurah Mokhtar,MA, para wakil Rektor, pimpinan fakultas, sejumlah dosen, dan ratusan mahasiswa UMI.

Rektor UMI dalam sambutannya mengatakan, “Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini untuk mendukung program UMI menuju World Class University. Selain itu juga untuk mendorong fakultas dan unit melakukan kegiatan bersifat internasional dan follow up kegiatan ini diharapkan melahirkan rumusan yang strategis dalam mewujudkan UMI menuju WCU,” ungkap Orang nomor satu di UMI tersebut dalam sambutannya.

Dekan Fakultas Sastra UMI Dra.Hj.Muli Umiaty Noer, M.Hum dalam sambutannya menyatakan kegiatan seminar internasional sebagai salah satu langkah strategis fakultas Sastra UMI mendukung program UMI menuju World Class University. Disamping itu, akan dilaksanakan kerjasama yang lebih erat dengan Universitas Negeri Malang dan Arizona State University.

Menurut Ketua Panitia Drs.Muliadi, M.Hum, acara seminar menampilkan Dr.David Pickus dari ASU menekankan pada pentingnya perubahan dilakukan karena dunia mengalami perubahan demikian cepat. Jika UMI ingin meraih WCU maka semua komponen di UMI melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan selalu bertanya apa yang dilakukan sekarang? Apa yang bisa dilakukan sehingga kita lebih baik. Selain itu, Globalisasi artinya manusia terkoneksi di dunia dan semua orang melakukan hal yang sama, sehingga memudahkan setiap orang belajar satu sama lain,urainya.

Prof.Dr. Basri Dalle menyatakan UMI harus siap menjadi Universitas bertarap internasional dengan membenahi berbagai infrastruktur yang ada. Selain itu, dibutuhkan kesungguhan semua pihak yang terlibat di UMI untuk menggalakkan kegiatan internasional, baik melalui penelitian maupun kegiatan lainnya.

Sementara itu, Direktur BIPA (Bahas Indonesia untuk Penutur Asing ) dari Universitas Negeri Malang menyatakan kesediaan menfasilitasi UMI bekerjasama membuka BIPA di UMI, sehingga memudahkan pihak luar negeri untuk berkunjung ke UMI. Selain itu, “Bahasa Indonesia sudah dipelajari di berbagai negara. Ada sekitar 75 negara yang telah menjadikan BI sebagai pelajaran di perguruan tinggi,” urainya.

Acara seminar begitu semangat dan semarak yang dipandu moderator DR.H.M.Ishaq Samad, MA. Acara dimulai dengan penampilan tarian daerah Makassar Sulawesi Selatan Gandrang Bulo dan diakhiri dengan presentasi branding sponsor Bank Sulsel disertai door prize yang hadiahnya antara lain sejumlah Blackberry dan lainnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!