Makassar, UMI.AC.ID – Universitas Muslim Indonesia (UMI) selalu menjadi target utama pilihan calon mahasiswa baru dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ribuan hingga puluhan ribu mahasiswa baru tercatat dalam keluarga besar UMI setiap tahunnya. Juga demikian untuk jumlah alumni yang di wisuda setiap tahun.

Tingginya angka peminat kampus bervisi berilmu amaliah, beramal Ilmiah, dan berakhlaqul Karimah ini, karena UMI adalah kampus terbaik swasta terakreditasi institusi ‘A’ pertama di luar pulau Jawa, juga karena sederet prestasi, serta sejumlah program khusus yang tidak dimiliki kampus lain seperti pencerahan Qalbu pesantren mahasiswa.

Terus meningkatnya angka pendaftar di UMI ini juga membuat kampus ternama di Indonesia Timur membatasi jumlah Camaba yang akan diterima pada tahun Akademik 2020/2021 dengan hanya sebanyak 4.500 orang.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMI, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT mengatakan, untuk mendaftar di UMI, Camaba cukup menyiapkan sejumlah berkas.

Sederet berkas yang disiapkan itu, kata Alumni Fakultas Teknik UMI ini, adalah Kartu Keluarga, nilai raport semester 5 di sekolah menengah atas atau yang setara, ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah asal, dan sertifikat UTBK bagi yang memiliki.

“Semua file itu disiapkan dan disubmit saat melakukan pendaftaran secara online dan bagi yang offline berkas tersebut dibawa saat mendaftar di Lantai 2 Menara UMI Makassar,” ungkap Dr Hanafi.

Dr. Hanafi yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UMI ini menyebutkan, pendaftaran Camaba UMI akan dibuka mulai dari 2 Mei 2020 hingga 12 Juli 2020 mendatang. Sehingga, ia menghimbau kepada seluruh Camaba yang ingin mendaftar di UMI segera menyiapkan berkasnya sedini mungkin.

“Jadi mulai dari sekarang itu siapkan memang agar tidak kepepet. Cara mendaftarnya kan tidak susah hanya dengan mengakses spmb.umi.ac.id semua panduan sudah langsung didapat,” papar Mantan Dekan Fakultas Teknik UMI ini.

“Jika masih ada pertanyaan juga bisa langsung menghubungi Hot Line Panitia PMB UMI dengan nomor 0823 9940 9471 atau 0823 9440 9472,” tutup Dr Hanafi.

Diketahui, untuk penerimaan Maba 2020, UMI tidak menaikkan SPP dan BPP. Dan pembayarannya, UMI menerapkan sistem angsur.

(HUMAS)