UMI Makassar – Pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Demikian yang dikemukakan Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Samad, MA pada pelatihan pendidikan karakter yang berlangsung di ruang pelatihan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI (7/12).

Kegiatan ini diikuti sejumlah siswa-siswi dari SMA 10, SMA 11 dan SMA 12 Makassar.

Lebih lanjut dikemukakan, pelatih nasional pendidikan karakter ini, bahwa pemimpin hebat yang dikagumi dunia, antara lain Nabi Muhammad Saw sebagai pemimpin nomor 1 dari 100 tokoh dunia dalam Buku karya Michael Heart- karena Nabi Muhammad mampu melakukan perubahan dari masyarakat Jahiliyah kepada masyarakat berperadaban.

Demikian pula pemimpin lainnya di dunia dikagumi karena memiliki karakter kepemimpinan yang mumpuni dan banyak melakukan perubahan ke arah lebih baik.

“Diantara karakter manusia hebat; adalah shiddiq (jujur), tablig (menyampaikan kebenaran dan kebaikan), amanah

(bertanggung jawab), dan fathanah (cerdas memanfaatkan tantangan menjadi peluang dan kelemahan menjadi kekuatan),”
jelasnya.

Dikatakan pula, karakter pemimpin hebat tersebut, ada juga sebagian dalam diri siswa-siswi, berarti jika karakter-karakter siswa-siswi yang baik selalu dipupuk dan dikembangkan, maka dapat membentuk pribadi siswa-siswi yang ihsan dan menjadi manusia muhsin (manusia terbaik) dan banyak memberi manfaat dalam kehidupan ini, urainya. Pemateri lainnya H.Yunus Anwar, Lc, MA membahas pentingnya zikir dalam membentuk pribadi mukmin dan muslim, yang dilandasi dengan sifat-sifat Allah, seperti termuat dalam asmaul husna (99 nama Allah SWT).

(Humas UMI)