UMI Makassar – Pelatihan pendidikan karakter bagi siswa (i) SMA/SMK se Kota Makassar dengan tema “Merubah Pola Pikir Negatif Untuk Meraih Prestasi”, berlangsung di ruang pelatihan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami UMI (LPDKI) ( 2/12). Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama LPDKI UMI dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar yang akan berlangsung setiap Sabtu dan Minggu periode Desember 2014 sampai Januari 2015 untuk 33 SMA dan SMK di Kota Makassar.

Hadir Rektor UMI Prof. Dr. Hj.Masrurah Mokhtar, M.A, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Wakil Rektor IV UMI Drs.KH.M.Zein Irwanto, S, M.A, Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Shamad, M.A, sejumlah guru pendamping dan 50an siswa-siswi SLTA se Kota Makassar.

Rektor UMI Prof.Dr.Masrurah Mokhtar menyatakan pendidikan karakter sangat penting bagi siswa-siswi SLTA karena harus seimbang antara pendidikan spiritual dan intelektual.

Dikatakan pula UMI sudah melaksanakan pendidikan karakter dalam bentuk pencerahan qalbu selama lebih dari 13 tahun. Pencerahan qalbu ini sudah dilirik oleh berbagai pihak, termasuk DIKTI pusat yang meminta UMI memberikan masukan ke DIKTI dalam rangka merumuskan pendidikan karakter.

“Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi siswa-siswi SMA terutama untuk memperaiapkan diri dengan akhlaqul karimah sehingga dapat mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar menyatakan apresiasi yang tinggi atas inisiatif UMI merencanakan dan melaksanakan pendidikan karakter ini. Karena pendidikan karakter sangat penting, baik di rumah maupun di sekolah, khususnya bagi siswa siswi SMA. Dikatakan bahawa data menunjukkan sekira 90% siawa dipecat karena memiliki karakter yg buruk, misalnya tidak bertanggung jawab, dll. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 80% orang berhasil karena memiliki karakter yang baik. Lebih lanjut dikatakan tidak ada masa depan yang lebih baik tanpa semangat belajar yang tinggi.

“Tanpa rasa percaya diri dan komitmen, maka manusia tdak akan sukses. Mendidik seseorang hanya pada aspek keilmuan saja, tetapi berbagai aspek, termasuk pendidikan karakter dan harus diberikan contoh yang baik. Oleh karena itu,  maka tepatlah pendidikan karakter ini bagi anak-anak kita untuk masa depan lebih baik,” harapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!