UMI Makassar – Shalat Shubuh Berjamaah dalam rangka Milad UMI ke 62 tahun berlangsung di Masjid Kampus 2 UMI (22/3). Hadir Ketua Pengurus YW UMI H. M.Mokhtar Noerjaya, Rektor UMI Prof.Dr.Masrurah Mokhtar, M.A, para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas, Ketua Lembaga, dosen dan karyawan UMI. Acara zikir sesudah shalat dipandu Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A dan imam Dr.HM.Agus Salim B. Malla, M.A.

Ketua LPDKI atas nama panitia Milad 62 UMI menyatakan kegiatan ini sebagai realisasi dari Program kerja bidang dakwah dan kampus Islami yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu. Selain itu, agar sivitas akademika dapat memperoleh pahala seperti pahala haji dan umrah.

“ini adalah sejarah baru UMI, pertama kali melakukan shalat shubuh berjamaah di masjid kampus 2 UMI. Memang UMI selalu inovatif dalam bidang keagamaan, dulu awal dicanangkan kampus Islami dengan mewajibkan seluruh mahasiswi memakai jilbab, sekarang sudah diikuti banyak orang. Demikian pula konsep pesantren kilat, juga banyak diikuti orang saat ini,” jelasnya.

Rektor UMI dalam sambutannya menyatakan senang dan mengapresiasi panitia Milad 62 UMI yang mengagendakan kegiatan ibadah seperti ini. Tadinya diusulkan pelaksanaan i’tikaf di Masjid, namun hal ini dianggap akan merepotkan sivitas akademika UMI. Namun kalau shalat shubuh berjamaah di Masjid kampus, tidak ada alasan untuk tidak hadir, karena semua sudah makan sahur. Hal ini dilakukan sebagai rasa syukur atas berbagai nikmat yang diberikan Allah Swt, kepada UMI, antara lain baru-baru ini UMI satu-satunya PTS yang diundang DIKTI untuk hadir di Bali sosialisasi Pendidikan Profesi Insinyur, jelasnya. Dikatakan pula obsesi Rektor UMI agar semua karyawan UMI dapat kesempatan menunaikan umrah.

Sementara itu, Ketua YW UMI dalam sambutannya menyatakan semua yang hadir shalat shubuh kali ini akan diberikan Reward berupa sarung untuk dipakai ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, dalam rangka Milad 62.UMI, akan diberangkatkan sejumlah mahasiswa berprestasi untuk umrah sebagai reward atas prestasinya mengharumkan nama UMI di kancah nasional dan internasional.

Dikatakan kegiatan shalat shubuh ini sebagai bagian program kampus Islami. Seperti diketahui konsep kampus Islami pertama kali dikemukakan oleh H.Muh. Alwi Nawawi beberapa tahun silam, dan kini kampus Islami telah mewarnai kehidupan sivitas akademika UMI. Untuk itu, agar kegiatan shalat shubuh berjamaah di masjid kampus diprogramkan sekali dalam sebulan. Karena pahala yang disiapkan Allah SWT sangat besar, seperti pahala haji dan umrah.

(Humas UMI)