Salah satu tri dharma perguruan tinggi adalah penelitian yang selama ini masih menjadi dharma kedua setelah dharma pendidikan/pengajaran, yang seharusnya seimbang dan saling bersinergi antara dharma yang satu dengan yang lainnya. Hal ini disampaikan Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MA pada acara Sosialisasi Desentralisasi Penelitian yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) UMI bertempat di ruang rapat senat kampus 2 UMI (2/3). Hadir pula WR I UMI Prof.Dr.H.Syahnur Said, MS dan peneliti dan dosen yang sementara studi lanjut S3.

Lanjut dikatakan, “Realitas di lapangan masih ditemukan, dosen hanya mengedepankan satu aspek saja  dari tri dharma peguruan tinggi yaitu pendidikan/pengajaran , fokus pembelajaran.  Penelitian juga merupakan kewajiban bagi dosen, sama halnya dengan dua dharma lainnya pendidikan/pengajaran dan pengabdian pada masyarakat,” kata mantan dekan Fakultas Sastra ini.

Hal yang sama disampaikan Wakil Rektor I, Prof.Dr. H. Syahnur Said, MS, “Pentingnya penyeimbangan antara dharma yang satu dengan yang lain sebagai pendidik mutlak  tiga dharma yang dilaksanakan secara seimbang, hanya saja  kenyataan dharma penelitian masih rendah padahal pada saat pengajuan jabatan fungsional maka persyaratan fungsional dharma penelitian 30 persen dari dharma lainnya, karena itu MENDIKBUD  mengeluarkan kebijakan desentralisasi ke perguruan tinggi  yang dianggap layak melakukan penilaian dan memonitor. UMI adalah  salah satu  perguruan tinggi kategori madya yang diberikan amanah oleh pemerintah untuk desentralisasi penelitian tahun 2011. UMI mendapat bantuan  Rp. 900 juta untuk penelitian,” ujar mantan Dekan Fak. Ekonomi ini.

Sementara itu Ketua LP2S UMI,Prof.Dr. H.Mas’ruf Hafid,SH.,MH mengatakan bahwa tahun lalu hampir  Rp. 900 juta membantu kegiatan penelitian, tahun ini pemerintah member kelonggaran membantu perguruan tinggi lanjut S3 dalam  skim penelitian disertasi doktor edisi tujuh untuk penelitian. “Jumlah dosen UMI yang melakukan penelitian baik yang  berinteraksi skim atau peneliti pemula berjumlah 160 dosen, melihat dari kuantitas dosen di UMI dan jumlah yang melakulan penelitian  masih perlu dipacu semua motivasi meneliti,” ungkapnya.

(Humas UMI)