UMI Makassar – Deretan dosen UMI yang bergelar Doktor (S3) bertambah lagi, salah seorang dosen yayasan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) berhasil mempertahankan disertasinya dan meraih cumlaude dengan nilai 3,97. Tidak hanya itu, Patimah juga mendapat banyak pujian dari pengujinya termasuk penguji eksternal Prof. Soekiman, SKM., MPS-Ph.D.

St. Patimah, S.Km., M.Km mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Pemberian Suplemen  Multi Gizimikro Terhadap Perbaikan Profil Hematologi dan Kadar IGF-1 Remaja Puteri yang Menderita Anemia Gizi di hadapan penguji, promoter dengan  pimpinan sidang yang juga co.promotor Prof.Dr.dr. Suryani As’ad, MSc.,Sp.GK. Adapun tim pemibing dan penguji, Prof.Dr. d. Abdul Razak Thaha, MSc (Promotr), Prof.dr. Veni Hadju, MSc.,Ph.d (Ko.Promotor), Prof.Dr.dr. Suryani As’ad, MSc.,Sp.GK (Ko.Promotor), Prof. Soekiman, SKM., MPS-Ph.D (penguji eksternal), dr. Agussalim Bukhari, MS (penguji), Dr. dr. Nurhanuddin Bahar, MS (penguji), Dr, Saifuddin, MS (penguji) dan Dr. Drs. A. Zulkifli Abdullah,MS (penguji).

Didepan penguji, Patimah menguraikan tujuan penelitian yang dilakukan selama bulan Januari-Oktober 2013 mengenai pengaruh multi gizi mikro terhadap perbaikan profil hematologi dank afar IGF-1 remaja puteri yang menderita anemia gizi. Studi ini menggunakan rangan randomized double-blin controlled trial yang dilaksanakan di lima SMAN Kabupaten Maros dengan jumlah sampel 148 orang terdiri atas 73 orang kelompok BAF dan 75 orang kelompok MGM. Di akhir penelitian jumlah sampel berubah menjadi 111 orang yang terdiri atas  54 orang (kelompok BAF) dan 57 orang (kelompok MGM).

Dari penelitian kedua jenis suplemen yang diberikan kepada subjek penelitian memberikan efek positif yang sama terhadap perbaikan kadar hemoglobin, konsentrasi serum feritin, penurunan prevalensi anemia dan kadar IGF-I remaja puteri. Selain itu, kepala laboratorium kesehatan masyarakat FKM UMI (2008-2010) ini  menyarankan kepada remaja puteri yang telah memperoleh menstruasi untuk mengkonsumsi suplemen gizimikro untuk menjaga kadar hemoglobin berada pada level normal dan cadangan feritin.

Salah seorang pegawai FKM UMI dan dosen FKM UMI menyampaikan, bahwa Anggota Pusat Pengembangan Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian UMI ini (2002), sangat gigih dan telaten dalam setiap sesuatu yang dikerjakan. “Dia orangnya focus dan teliti, sehingga penghargaan nilai cumlaude yang diberikan dalam promosi doktor sangat pantas, sebagai buah dari hasil kerjanya selama ini.

Dalam ujian, patimah banyak mendapat pujian dan ucapan selamat tidak hanya dari undangan yang hadiri, namun juga tim penguji, diantaranya penguji eksternal Prof. Soekiman, SKM., MPS-Ph.D.St, sebelum memberikan pertanyaan, Prof. Soekiman, memberikan pujian dan ucapan selamat, karena selama dia membaca disertasi Patimah, dia sangat enjoy dan sangat senang membacanya, sistematik dan jelas uraianya, tidak membosankan bagi siapa yang membacanya. Beliau juga membandingkan bahwa kadangkala dia membaca disertasi hanya sampai beberapa halaman, dia berhenti membacanya, karena tidak jelas mau kemana arahnya, tapi disertasi ini sangat jelas. Karena itu, Prof. Soekiman, meminta kepada calon doktor yang hadir untuk dapat menjadikan contoh isi disertasi St. Patimah dalam teknik penulisan dan uraian pembahasan hasil penelitian.

Sementara itu, Prof.Dr. d. Abdul Razak Thaha, MSc, melihat hasil penelitian ini sangat bagus dan memiliki manfaat yang besar untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan sehat ke depan, karena itu meminta kepada pimpinan UMI khususnya pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dapat menindaklanjuti penelitian dengan prioritas pertama SMA di desa binaan UMI, yang kemudian hasil penelitian dapat direkomendasikan kepada pemerintah setempat. Karena persoalan kesehatan dan gizi ibu hamil dan anak, sebenarnya harusnya dimulai sejak ketika dia remaja.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!