UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar akan menerima mahasiswa baru tahun akademik 2014/ 2015 sebanyak 4.000 mahasiswa.

Penerimaan tersebut mengalami pengurangan sabanyak 500 orang dari tahun lalu. Menurut Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar pengurangan tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kualitas kampus yang sudah terakreditasi B tersebut.

Selain itu, dikatakan pula bahwa memang tidak secara keseluruhan pada fakultas dikurangi, tapi untuk Fakultas Kedokteran, yang sebelumnya menerima 150 mahasiswa, telah diinstruksikan oleh DIKTI agar dikurangi menjadi 120 mahasiswa saja. Namun hal tersebut masih akan dibicarakan lagi setelah kembali dari Jakarta, terkait pembicaraan pengurangan kuota tersebut.

“Jadi nanti ada pertemuan khusus dari universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran untuk membicarakan tentang instruksi dari DIKTI ini. Mudah- mudahan nanti kita bisa berjuang agar UMI bisa tetap menerima 150,” jelas guru besar Fakultas Sastra tersebut.

Terkait dengan SPP dan BPP di UMI, sebesar 2,5% yang akan dibebaskan, artinya untuk tahun ini ada 100 mahasiswa. Namun, hal itu terbagi dalam tiga kategori yakni kategori A, B, dan C, dengan persyaratan harus ada kontribusi ke UMI.

Agenda penerimaan Maba UMI sendiri mulai dilakukan pada 2 April – 14 juni (pendaftaran), kemudian 16 Juni seleksi, Ujian TPA dan Toefl 17- 18 Juni (Khusus Mahasiswa Kedokteran),  dental skill 17 – 19 Juni (Mahasiswa FKG), Ujian Wawancara non Kedokteran 17- 18 Juni, pengumuman hasil ujian 26 Juni, dan pendaftaran ulang dan pemeriksaan kesehatan

31 Juni- 25 Juli. Selain itu, pesantren yang diwajibkan bagi Maba UMI 18 Juli – 27 Agustus, kemudian pengenalan perpustakaan pada 1- 5 September.

“Nanti kuliah perdana 18 September, dan Pesantren pencerahan Qalbu pada 22 September,” ungkap Masrurah.

Ketua Yayasan Wakaf UMI Mokhtar Noer Jaya menyebutkan untuk tahun ini, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Universitas untuk siapkan 10 ribu map penerimaan Maba. Hal itu lantaran dipengaruhi beberapa faktor, yakni tahun ini rasio mahasiswa dengan dosen memang sudah berimbang.

WR 2 H. Iskandar BP, SPP/ BPP menyebutkan untuk penerimaan Maba, pihaknya akan mengondisikan dengan kebutuhan, dan terus membenahi infrastruktur di UMI, salah satunnya adalah parkiran.

(Humas UMI)