Makassar, umi.ac.id – Program Studi Teknik Industri FTI UMI menjadi tuan rumah Kongres Badan Kerja Sama Teknik Industri (BKSTI) se Indonesia ke-9 pada hari Rabu-Jumat, 7-9 Oktober 2020.

Kongres BKSTI diselenggarakan tiap 3 tahun sekali dan merupakan forum bagi Program Studi Teknik Industri untuk bersilaturahmi dan merumuskan berbagai kebijakan terkait dengan pengembangan akademik, penelitian dan pengabdiana kepada masyarakat dalam bidang Teknik Industri sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Ketua Panitia Kongres BKSTI IX yang merupakan Sekretaris Prodi Teknik Industri FTI UMI Ir Ahmad Phadil, ST., MT., IPM., ASEAN Eng. mengatakan bahwa tema pada kongres kali ini adalah Peranan Teknik Industri dalam Pemetaan dan Akselerasi Industri di Era Industri 4.0.

Dekan FTI UMI Dr Ir H Zakir Sabara, ST MT IPM ASEAN Eng mengatakan bahwa dalam masa pandemi COVID-19, Jurusan TI FTI UMI, sebagai tuan rumah Kongres, menyesuaikan acara yang tadinya direncanakan diselenggarakan di Kampus Teknik Industri FTI UMI Makassar dan dihadiri secara langsung oleh delegasi prodi TI dari seluruh Indonesia menjadi Kongres daring.

Acara Kongres BKSTI IX yang juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional Virtual Sentra 2020 diselenggarakan melalui Zoom Cloud Meetings ini dihadiri oleh hampir 300 peserta dari prodi TI perwakilan 106 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pada hari pertama, narasumber yang hadir adalah Ibu Gati Wibawaningsih (Dirjen Industri Kecil menengah) yang mewakili Menteri Perindustrian RI, Prof. drh. Aris Juanaidi, Ph.D (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan) mewakili Dirjen DIKTI Kemendikbud RI, Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia
(Guru Besar Teknik Industri – ITB) dan Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., IPU (Presiden ISLI & Guru Besat Teknik Industri – ITS) dengan moderator Dr. Ir. Dirgahayu A.Lantara., MT., IPU., ASEAN.Eng (Dosen senior Prodi TI FTI UMI).

Kongres dihadiri pula oleh Ketua Umum BKSTI Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST., MT., M.Si. Ketua Umum BKTI PII Ir. I Made Dana Tangkas, M.Si., IPU., ASEAN Eng. dan Ketua Umum ISTMI Ir. Faizal Safa, M.Si IPU., ASEAN Eng. dan dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Abdul Halim Hakim (dewan pertimbangan BKSTI).

Prodi Teknik Industri FTI UMI berharap meskipun Kongres terlaksana dalam masa pandemi, semua agenda yang telah disusun dapat terlaksana dan menghasilkan keputusan yang akan mendorong kemajuan teknologi industri di Indonesia secara berkelanjutan.

(HUMAS)